Dear Pemudik Mobil, Ini 10 Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Dear Pemudik Mobil, Ini 10 Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Mengemudi mobil saat hujan deras. Sumber foto: google--

FIN.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan terjadi saat arus mudik Lebaran 2024.

Informasi ini mengingatkan pemudik untuk extra hati-hati saat mengendarai kendaraan utamanya mobil. Apalagi di tengah perjalanan turun hujan.

Nah, berikut ini tips berkendara aman saat hujan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Berhenti Saat Jarak Pandang 1 Meter

Jika hujan turun sangat deras dan membuat jarak pandang Anda terbatas misalnya hanya 1 meter, maka lebih baik menepi dan berhenti mengemudi. Jarak pandang menjadi acuan keselamatan berkendara ketika hujan lebat.

2. Periksa Kondisi Semua Lampu

Lampu mobil memiliki peran penting saat mobil berjalan di bawah guyuran hujan. Lampu berfungsi untuk mendeteksi obyek yang ada di depan sekaligus memperjelas pandangan pengendara.

Untuk lampu yang perlu dicek adalah lampu besar atau head lamp jarak dekat dan jauh, lampu sign kiri dan kanan, serta lampu darurat. Lalu cek bagian arah lampu, misalnya headlight agar lebih jelas dalam melihat sekitar dan orang lain melihat kendaraan Anda.

Jangan sampai headlight yang Anda gunakan malah mengganggu penglihatan pengendara lain.

BACA JUGA:

3. Pastikan Seluruh Sistem Kendaraan dalam Kondisi Baik

Apa pun keadaan cuaca yang sedang terjadi, kondisi mobil Anda harus tetap prima. Itu sebabnya Anda perlu melakukan servis berkala di bengkel yang menyediakan suku cadang berkualitas dan didukung oleh teknisi andal.

Pemeriksaan berkala dibutuhkan agar teknisi bisa membersihkan atau mengganti komponen yang aus dengan segera. Saat kondisi mobil prima maka pengalaman berkendara Anda bisa nyaman terlepas kondisi cuaca yang sedang terjadi.

4. Hindari Manuver Tiba-tiba

Ketika hujan turun, permukaan jalan menjadi licin sehingga menyebabkan cengkeraman antara ban dan jalanan berkurang. Supaya Anda tidak kehilangan kendali mobil, sebaiknya hindari manuver tiba-tiba seperti pengereman mendadak atau akselerasi yang cepat.

Perlahan-lahan dalam mengemudi akan memberikan Anda waktu lebih untuk merespons situasi darurat.

5. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Jarak aman antara kendaraan adalah kunci keselamatan. Baik sedang hujan maupun tidak, Anda dianjurkan untuk selalu menjaga jarak aman demi keselamatan bersama.

Jadi pastikan Anda sudah menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan untuk memberikan waktu reaksi yang lebih baik dalam situasi darurat.

6. Hindari Daerah Genangan Air

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: