Universitas Esa Unggul - UPM Kolaborasi Riset Tingkatkan IKU

Universitas Esa Unggul - UPM Kolaborasi Riset Tingkatkan IKU

Universitas Esa Unggul - UPM Kolaborasi Riset Tingkatkan IKU --

fin.co.id - Guna mendukung pengembangan dan kualitas penelitian, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul berkolaborasi dengan Universitas Putra Malaysia.

Kolaborasi diwujudkan dalam bentuk penelitian bersama yang secara umum mengambil tema kecerdasan buatan (Artificial Inteligence).

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul (Fikom UEU), Dr. Erna Febriani, S.Si,.M.Si, Jumat (8/3/2024) menjelaskan, tim Fikom UEU sudah merumuskan detail kolaborasi riset  dengan dosen utusan Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi Universitas Putra Malaysia (UPM), Prof. Madya Dr. Zulhamri bin Abdullah di Kampus Esa Unggul, Jakarta, akhir Februari lalu. 

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi UEU, Ruslan Ramli, Ph.D, Kepala Peminatan Broadcasting Indriati Yulistiani, M.Si, Kepala Peminatan Jurnalistik, Ballian Siregar, M.Si, serta perwakilan dosen.

BACA JUGA:Pencak Silat Esa Unggul Raih 9 Emas dan 3 Perak di Ajang Kejuaraan Pencak Silat Internasional

“Kolaborasi riset Artificial Inteligence sebagai bagian dari strategi menjadikan dosen kami memiliki kemampuan global, serta untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Untuk detail kolaborasi riset masih kami diskusikan dengan UPM, tapi saya kira ini penelitian yang up to date dan dilaksanakan di dua negara serumpun. Penelitian ini sangat tepat dengan situasi terkini di mana orang-orang dari profesi dan latar belakang  berbeda memanfaatkan teknologi AI (Artificial Inteligence) untuk membantu berbagai upaya yang dikerjakan,” jelas Erna.

Menurut Erna, kehadiran AI membantu aktivitas manusia dan akan menjadi lebih prediktif tentang apa yang akan dikerjakan.

AI mampu mengumpulkan dan menganalisis data untuk memprediksi berbagai hal di masa depan.  Bahkan, seorang jurnalis dapat memanfaatkan teknologi AI untuk memprediksi target pembaca dari artikel yang ia tulis.

Kolaborasi riset dengan UPM, dapat meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi nasional, serta memastikan tujuan pendidikan nasional tercapai.

“Kolaborasi riset ini merupakan IKU (Indikator Kinjerja Utama) Perguruan Tinggi, khususnya IKU 5 dan 6 yakni tentang riset dan kolaborasi dengan mitra untuk menyempurnakan program studi,” jelasnya.

Merangsang Inovasi

Prof. Dr. Zulhamri bin Abdullah saat hadir di Kampus Esa Unggul mengatakan, kolaborasi riset akan menguntungkan kedua belah pihak, baik kepada Esa Unggul maupun kepada UPM.

“Saya kira  kolaborasi riset ini sangat baik. Ini baru perdana, mudah-mudahan bisa berlanjut ke berbagai kegiatan lainnya sehingga kedua universiti bisa hadir dalam interaksi global,” kata dia.

Zulhamri juga mengatakan, riset kolaborasi akan merangsang inovasi baru dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks serta mendukung 17 SDGs Goal. 

“Saya berharap nantinya hasil riset kolaborasi ini bisa bermanfaat langsung kepada masyarakat dengan menciptakan solusi yang relevan,,” kata dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: