Ekonomi

SuperApp BTN Mobile, Inovasi Terbaru Memudahkan Pembelian Rumah dan Pembiayaan Properti

FIN.CO.ID - 2024-02-11 14:48:05

SuperApp BTN Mobile, Inovasi Terbaru Memudahkan Pembelian Rumah dan Pembiayaan Properti

Seorang wanita sedang akses aplikasi BTN Mobile

FIN.CO.ID- Sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka di Indonesia, Bank Tabungan Negara (BTN) telah memainkan peran yang signifikan dalam membiayai pembangunan rumah serta mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

Dalam 74 tahun keberadaannya di Indonesia, BTN telah menjadi pilar utama bagi masyarakat Indonesia dalam mewujudkan impian memiliki rumah sendiri.  Hingga kini BTN terus berinovasi untuk memperluas layanannya dan menghadirkan solusi modern yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Salah satu inovasi terbaru yang patut diperhatikan adalah BTN Mobile, sebuah SuperApp serba lengkap yang tidak hanya memudahkan akses perumahan, tetapi juga membentuk ekosistem yang mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

SuperApp BTN Mobile hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan akses yang mudah dan cepat terhadap layanan perbankan, khususnya terkait dengan pembelian, pembiayaan, dan manajemen properti.

Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah mencari informasi tentang produk perumahan yang ditawarkan oleh BTN, termasuk program-program pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, SuperApp BTN Mobile juga memungkinkan pengguna untuk mengajukan pembiayaan secara online, mengurangi proses yang rumit dan waktu yang dibutuhkan dalam mengurus pengajuan kredit.

SuperApp BTN Mobile adalah aplikasi seluler yang dikembangkan BTN dan resmi diluncurkan pada tahun 2023 lalu. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan berbagai layanan perbankan kepada nasabah BTN secara digital melalui ponsel pintar mereka.

SuperApp BTN Mobile merupakan salah satu perwujudan BTN dalam menyediakan layanan aplikasi dari hulu ke hilir.

Tampilan SuperApp BTN Mobile memang terlihat sangat modern dengan fitur yang lebih lengkap dan memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

Dengan aplikasi ini, nasabah bisa mengases berbagai solusi digital, mulai dari BTN Properti, virtual branch, e-mitra, autodebit hingga memesan tiket kereta api Indonesia (KAI) secara online.

Pada November 2023 lalu, SuperApp BTN Mobile kembali luncurkan fitur-fitur terbarunnya seperti fitur Mortgage, Asuransi Kecelakaan, dan Tiket Kereta Cepat Whoosh.

Berbagai inovasi tersebut merupakan upaya perseroan mempermudah nasabahnya melakukan berbagai transaksi hanya melalui satu platform.

“Kami meracik aplikasi mobile banking yakni BTN Mobile yang menyediakan akses transaksi perbankan yang luas, mudah, dan cepat bagi para nasabah. Karena kami ingin terus mempermudah hidup digital para nasabah Bank BTN,” ujar Direktur Utama Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu belum lama ini.

Adapun, fitur Mortgage pada SuperApp BTN Mobile mempermudah nasabah melakukan pencarian hunian idaman, pengajuan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), hingga cek status pinjaman KPR.

Pada Desember 2023 lalu, pengajuan KPR Bank BTN secara online mencatatkan peningkatan hingga 50% secara tahunan. BTN optimistis angka pencapaian tersebut akan terus meningkat sejalan dengan berbagai kemudahan ditawarkan.

Nasabah juga dapat menikmati kemudahan pembelian asuransi kecelakaan melalui fitur lifestyle di BTN Mobile. Asuransi tersebut dapat diakses oleh semua kalangan termasuk kelompok milenial maupun gen Z.

Fitur paket asuransi kecelakaan tersebut merupakan kerja sama Bank BTN dengan IFG Life, perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan.

Terdapat 3 opsi paket yang bisa diakses nasabah Bank BTN yakni LifeSaver Lite, LifeSaver, dan LifeSaver+. Harga paket tersebut beragam mulai dari Rp29.000 hingga Rp99.000.

Benefit yang diterima pun mulai dari fisioter, proteksi media cedera olahraga, meninggal atau cacat tetap, dan proteksi medis kecelakaan hingga Rp400 juta.

Sementara itu, fitur 'Cari Properti' dapat digunakan nasabah untuk mencari unit hunian properti idamannya sesuai dengan kebutuhannya.  BTN juga menjamin akan terus mengupdate katalog perumahannya guna memberikan berbagai pilihan menarik bagi para calon debiturnya.

Sementara lewat fitur Pengajuan Pinjaman KPR, para user BTN Mobile dapat mengajukan pinjaman KPR-nya secara online kapan pun dan dimana pun tanpa perlu datang ke outlet terdekat.

Proses yang simple dan mudah serta relatif lebih cepat ini sangat diminati oleh pengguna BTN Mobile saat ini. Hal ini sesuai komitmen dan fokus Bank BTN dalam menyalurkan hunian idaman kepada masyarakat Indonesia serta memberikan solusi digital perbankan yang praktis, aman, dan nyaman.

Bukan hanya pengajuan KPR yang dapat dilakukan secara online, namun terlebih lagi para debitur juga dapat melakukan monitoring pengajuannya secara online melalui fitur Tracking Status Pinjaman KPR.

Inovasi ini terbukti sangat membantu peningkatan  pengajuan pinjaman KPR di BTN. Melalui fitur ini Super Apps BTN Mobile siap menawarkan berbagai kemudahan kepada para calon debitur dalam melakukan pengajuan kredit secara online.

Sementara fitur pembayaran kereta cepat langsung di halaman Home BTN Mobile. Untuk pembayaran kereta cepat, nasabah Bank BTN hanya perlu memasukan nomor virtual account di fitur Kereta Cepat Whoosh di halaman beranda BTN Mobile.

Bank BTN sebagai One Stop Digital Housing Services terus melakukan pengembangan digital yang memberikan kemudahan dan keamanan bertransaksi bagi para nasabah.

Tidak sampai disitu, ada fitur BTN Kita, Home Service dan KAI pada fitur Lifestyle, serta menu terkait tagihan autodebet nasabah yaitu Transaksi BulananKu, bisa diakses di  SuperApp BTN Mobile.

Lewat inovasi fitur BTN Kita tersebut para nasabah bisa melakukan sejumlah transaksi seperti top up kredit hingga pengajuan pinjaman dana segar.  Sebelum melakukan pengajuan, nasabah juga akan mendapatkan Pre-Approval.

Fitur BTN Kita hadir agar masyarakat dapat dengan mudah memproses pengajuan pinjaman hingga pencairan yang mana semua prosesnya bisa dilakukan hanya dengan aplikasi BTN Mobile.

"Kami memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan Top Up Kredit ataupun pengajuan pinjaman dana segar (fresh fund) melalui fitur BTN Kita," ujar Nixon. (*)

Admin
Penulis