News

Saksi Sebut Tol MBZ Lolos Uji Beban 360 Ton dengan 12 Truk, Jembatan Terbukti Kuat dan Aman Untuk Golongan Kendaraan Berat

fin.co.id - 06/06/2024, 21:44 WIB

Tol MBZ Lolos Uji Beban 360 Ton dengan 12 Truk, Jembatan Terbukti Kuat dan Aman Untuk Golongan Kendaraan Berat

fin.co.id - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kembali menggelar sidang lanjutan perkara dugaan korupsi pembangunan Jalan Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (Tol MBZ) pada Kamis, (06/06). Sidang menghadirkan 5 orang saksi fakta yakni, Direktur PT Pratama Daya Cahya Manunggal Budi Santoso, Direktur PT Risen Engineering Consultant Josia I Rastandi serta Ahli Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Prof. Bambang Suhendro, Prof. Jamasri dan Iwan Zarkasi.

PT RISEN Engineering Consultant dan PT Pratama Daya Cahya Manunggal merupakan konsultan uji beban yang dikontrak oleh kontraktor pelaksana KSO Waskita-ACSET untuk melakukan pengujian dan asesmen kekuatan jembatan tol MBZ sebelum dioperasikan. Dalam pelaksanaannya, konsultan didampingi oleh tim Ahli KKJTJ mulai dari perencanaan hingga evaluasinya.

Ahli KKTJ Prof. Jamasri menjelaskan, uji beban dilakukan setelah konstruksi selesai dan ada dua uji yang dilakukan yaitu uji dinamis dan uji statis. Yang diuji merupakan bentang jembatan 60, 75 dan 120 meter dengan total 15 bentang yang diambil secara acak dengan kriteria-kriteria tertentu hingga terpilih 15 titik.

"Dalam hal ini, kita memberikan kriteria dari setiap bentang untuk diuji, satu bentang diuji minimal 2 hari. Dalam uji beban, disiapkan truk 12 buah dengan beban 30 ton pasir tiap truk. Tahap pertama masuk 4 truk masuk ke tol terlebih dahulu untuk pengujian," tutur Prof. Jamasri.

Baca Juga

Dalam uji beban yang dilakukan, Direktur PT Pratama Daya Cahya Manunggal Budi Santoso mengatakan bahwa hasil uji beban semuanya memenuhi kriteria persyataran. "Dari jembatan yang kami uji semuanya terpenuhi. Kami juga melakukan loading test untuk mengukur kekuatan, yang berarti keamanannya terpenuhi," kata Budi.

Sementara itu Direktur PT RISEN Engineering Consultant Josia I Rastandi di tempat yang sama mengungkapkan bahwa hasil dari uji beban jembatan tol layang MBZ sudah layak. "Bukan kapasitas kami untuk menentukan layak atau tidak, kami hanya sebatas menguji. Nah, hasil rapat pleno KKJTJ kan memang sudah disimpulkan layak, seusai dengan kriteria, dan saya sependapat. Yah saya sampaikan apa adanya saja sesuai fakta," ungkap Josia. 

Sementara itu Ahli KKJTJ Prof. Bambang Suhendro menegaskan bahwa dalam sidang pleno penentuan kelayakan uji beban Tol MBZ dihadiri semua stakeholder dan sejumlah ahli, baik dari ahli baja, beton, struktur, pengawas, penguji dan lainnya sesuai bidang ilmu masing-masing untuk mengkaji, mereview dan masing-masing diberikan kesempatan mempresentasikan hingga memberikan saran hingga final.

"Dari situlah semua saran anggota (KKJTJ) dikaji, dan dilakukan review baik dari sisi keamanan, kenyamanan, kuat atau tidaknya, hingga spesifikasinya. Setelah itu ditanyakan lagi apakah menerima atau keberatan. Bila sudah sepakat maka dinyatakan ini memenuhi persyatatan," ujar Prof. Bambang.

Senada dikatakan saksi lain yang merupakan Ahli KKJTJ Iwan Zarkasi mengatakan, meskipun bukan kapasitasnya untuk mengatakan layak atau tidak, ia menyatakan Tol MBZ sudah sangat memenuhi syarat aman untuk dilewati kendaraan Golongan I s.d Golongan V.

Baca Juga

“Bila melihat dari hasil uji coba dengan menggunakan 12 truk dengan total beban 360 ton, menurut saya sudah sangat memenuhi untuk dilewati semua golongan kendaraan. Ditambah lagi, selain sudah mendapatkan sertifikat desain perencanaan, Tol MBZ juga sudah mendapat sertifikat kelayakan dari Menteri PUPR, yang ditandatangani langsung oleh Pak Basuki Hadimuljono," ucapnya.

Khanif Lutfi
Penulis