Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK pada SYL, Ada Peran Kombes, Ajudan dan Rp 1 M Pecahan Dolar Singapore?

Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK pada SYL, Ada Peran Kombes, Ajudan dan Rp 1 M Pecahan Dolar Singapore?

Ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo-fin-diolah-

FIN.CO.ID - Beredar foto Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Firli Bahuri bertemu Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulutangkis. Foto ini viral usai muncul kasus dugaan pemerasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) tersebut. 

Belakangan Syahrul Yasin Limpo sendiri telah dimintai keterangan di Polda Metro Jaya. Terkait foto itu, pada Senin, 9 Oktober 2023, Firli Bahuri menegaskan foto tersebut adalah foto lama dan tidak ada kaitan dengan kasus yang ditangani KPK.

Meski begitu, dugaan adanya pemerasan oleh pimpinan KPK ini sudah terlanjur menjadi konsumsi publik. Adalah akun X Twitter @PartaiSocmed yang membagikan thread terkait pertemuan yang diduga terkait kasus pemerasan tersebut. 

Thread @PartaiSocmed yang menyinggung soal kronologis pertemuan Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo itu langsung viral di media sosial (medsos). 

BACA JUGA:

"Pada bulan Juni 2022 Mentan Syahrul Yasin Limpo mendapat pesan dari Irwan yg diberi bocoran informasi dari Firli tentang penyelidikan KPK di Kementerian Pertanian. Selanjutnya Irwan mengatur pertemuan antara SYL dan Firli," tulis admin akun X Twitter @PartaiSocmed seperti dikutip fin.co.id pada Senin, 9 Oktober 2023. 

Sosok Irwan ini belakangan terungkap. Dia diduga seorang perwira menengah Polri. Namanya Kombes Pol Irwan Anwar. Saat ini menjabat sebagai Kapolrestabes Semarang. 

Irwan Anwar sendiri telah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya sebagai saksi terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK kepada Syahrul Yasin Limpo. Lantas apa kaitan Kapolrestabes Semarang dengan kasus dugaan pemerasan itu? 

Admin akun X Twitter @PartaiSocmed menyebut Kombes Polisi Irwan Anwar merupakan suami Andi Tenri Gusti Harnum Utari Natassa. Perempuan itu adalah keponakan Syahrul Yasin Limpo.

BACA JUGA:


Ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo-fin/diolah-

Pada akhir Juni 2022, jelas Admin @PartaiSocmed, dibahas rencana jadwal pertemuan antara Syahrul Yasin Limpo dan Ketua KPK Firli Bahuri. 

Pembahasan dilakukan di rumah Syahrul Yasin Limpo. Konon kabarnya, yang hadir adalah SYL, Irwan dan M. Hatta. 

"Di situ SYL menyampaikan bahwa akan dilakukan pertemuan dgn Firli malam itu. Dia sampaikan juga bahwa ada permintaan dari Firli untuk memberikan sejumlah dana (50 M). Namun SYL hanya menyanggupi 1 M dalam bentuk dollar Singapore," lanjut admin @PartaiSocmed. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: