Ini Pernyataan Jokowi Soal Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Terhadap Mentan syahrul Yasin Limpo

Ini Pernyataan Jokowi Soal Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Terhadap Mentan syahrul Yasin Limpo

Presiden Jokowi dalam suatu kesempatan--

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal kasus pemerasan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Presiden Jokowi mengatakan hingga saat ini dirinya masih mencari informasi kasus pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Meski demikian, dia menegaskan bahwa kasus pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo adalah urusan para penegakan hukum.

"Jangan sampai kalau saya mengomentari lebih awal, ada yang menyampaikan (saya melakukan) intervensi. Ini tadi saya menunggu informasi yang detail mengenai peristiwa ini dan sebetulnya itu menjadi kewenangan, baik di kepolisian, baik yang di KPK, baik di kejaksaan," tegas Jokowi di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Jokowi kemudian menjawab pertanyaan terkait usulan agar pimpinan KPK dinonaktifkan terlebih dulu di tengah kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

"Saya belum tahu permasalahannya secara detail. Saya belum mendapatkan informasi secara detail karena masalahnya masih simpang siur seperti ini; dan saya kalau komentar, nanti saya ada yang bilang mengintervensi," katanya lagi.

BACA JUGA:

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya telah menaikkan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak mengatakan polisi telah melakukan gelar perkara pada Jumat (6/10) untuk kepentingan peningkatan status penyelidikan ke tahap penyidikan dalam dugaan tindak pidana tersebut.

Pertemuan Jokowi dan Syahrul Yasin Limpo 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Merdeka, terbuka bagi media.

Diketahui mantan Mentan Syahryl Yasin Limpo akan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu, 8 Oktober 2023.

Pertemuan dengan mantan Mentan syahrul Yasin Limpo dikatakan Jokowi akan berlangsung pada malam hari.

"Iya nanti malam," kata Jokowi saat ditemui usai melakukan panen raya di Subang, Jawa Barat, Minggu, 8 Oktober 2023.

Meski tidak ingin merinci pembahasan dalam pertemuannya nanti, Jokowi mengatakan bahwa media diperbolehkan meliput secara terbuka.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: