Ketua KPK Firli Bahuri: Koruptor Tidak Takut Dipenjara, Hanya Takut Dimiskinkan

Ketua KPK Firli Bahuri: Koruptor Tidak Takut Dipenjara, Hanya Takut Dimiskinkan

Ketua KPK Firli Bahuri-ist-net

Koruptor Tidak Takut Dipenjara, Hanya Takut Dimiskinkan - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan jika para koruptor tidak takut dengan hukuman penjara dan koruptor hanya takut dimiskinkan.

"Pada prinsipnya banyak orang tidak takut dengan lamanya dia dihukum, tapi para koruptor sangat takut apabila dia dimiskinkan," kata Firli di Jakarta, Senin 3 April 2023.

Firli pun sepakat dengan suara publik yang mendukung diterapkannya Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terhadap Rafael Alun Trisambodo.

Meski demikian penerapan pasal TPPU Rafael Alun tersebut harus sesuai dengan prosedur dan perkembangan penyidikan.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Dana Pensiun, Penyidik Kejagung Garap Eks Pejabat DP4

"Saya sepakat dengan rekan-rekan untuk dikenakan TPPU itu, tapi nanti kita lihat perkembangan penyidikannya," ujar Firli.

Pasalnya dengan penerapan TPPU, penegak hukum bisa mengintensifkan penyitaan aset dalam rangka memulihkan kerugian negara.

Firli menjelaskan peristiwa dugaan penerimaan gratifikasi oleh Rafael diduga terjadi saat yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak Kantor Wilayah Dirjen Pajak Jawa Timur I pada 2011.

Rafael Alun Trisambodo (RAT) diduga menerima gratifikasi melalui perusahaan konsultan pajak miliknya yakni PT Artha Mega Ekadhana (AME). 

BACA JUGA:Usai 7 Jam Diperiksa Eks Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Langsung Dijebloskan ke Tahanan

Perusahaan PT Artha Mega Ekadhana tersebut bergerak dalam bidang jasa konsultansi terkait pembukuan dan perpajakan.

Firli mengungkapkan pihak yang menggunakan jasa PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak, khususnya terkait kewajiban pelaporan pembukuan perpajakan pada negara melalui Dirjen Pajak.

Penyidik KPK telah menemukan Rafael diduga menerima aliran uang sebesar 90 ribu dolar Amerika Serikat melalui PT AME.

"Setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian pajaknya, RAT diduga aktif merekomendasikan PT AME," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: