Duar! Bom Bunuh Diri Meledak di Bandara Sepinggan Balikpapan, Polisi Berhasil Tembak Pelaku tapi...

Duar! Bom Bunuh Diri Meledak di Bandara Sepinggan Balikpapan, Polisi Berhasil Tembak Pelaku tapi...

Para demonstran merangsek melawan petugas untuk menolak kedatangan tokoh kontroversial Mr X dalam latihan penanganan keadaan darurat di Bandara Sepinggan di Balikpapan, Kamis, 24 Agustus 2023.-(ANTARA/novi abdi)-

Bom Bunuh Diri Bandara Sepinggan - Suasana mencekam terjadi saat teror bom bunuh diri terjadi di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis 24 Agustus 2023. 

Seorang pria, mengancam meledakkan dirinya di terminal kedatangan Bandara Sepinggan dan meminta rekan-rekannya dibebaskan dari tahanan.

Pihak kepolisian hingga Gegana Brimob Polda Kaltim menolak negosiasi atas tuntutan pelaku bom bunuh diri tersebut. 

Pria tersebut akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh penembak runduk. Hanya saja pelaku sempat memicu bom yang ada di dalam ranselnya. Bom akhirnya meledak dan pelaku pun tewas. 

Selanjutnya, Tim Gegana memastikan tidak adalagi bom termasuk sisa bahan peledak. 

Tujuannya, agar ketika Tim INAFIS dan Tim olah TKP dapat bekerja lancar sampai jenazah pelaku bom diri berhasil dievakuasi.  

BACA JUGA:

Diketahui, sebelum bom bunuh diri meledak Bandara Sepinggan Balikpapan, ratusan orang melakukan demonstrasi menolak kedatangan tokoh kontroversial Mr X. 

Polres Balikpapan bahkan harus menerjunkan ratusan personel lengkap untuk mengamankan demonstran yang mencoba masuk terminal kedatangan Bandara Sepinggan. 
Polisi pun akhirnya berhasil mengidentifikasi provokator massa dalam aksi demonstrasi tersebut. Orang tersebut diamankan dan 

Peristiwa tersebut terjadi saat puncak Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (LPKD) ke-111 terkait penanganan teror bom bunuh diri di Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat ke-111 ini diawali dengan penanganan kecelakaan pesawat udara yang terjadi di ujung selatan landasan pacu.


Unit pemadam kebakaran bandara menggunakan busa khusus untuk menjinakkan api, sementara tim penolong mengevakuasi para korban.
Latihan ini diakhiri dengan praktik vertical rescue.

Tim Basarnas beraksi memperlihatkan cara menurunkan korban kebakaran secara cepat dari lantai tinggi bangunan yang terbakar.


BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: