Presiden Jokowi Sebut IKN Nusantara Jadi Solusi Atasi Polusi Udara DKI Jakarta

Presiden Jokowi Sebut IKN Nusantara Jadi Solusi Atasi Polusi Udara DKI Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpose di depan kemah yang akan digunakan untuk bermalam di Titik Nol IKN Nusantara.-Agus Suparto-Sekretariat Presiden via Antara

IKN Nusantara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, salah satu solusi untuk mengatasi polusi udara di DKI Jakarta adalah dengan menggeser beban yang dipikul Jakarta sebagai ibu kota itu ke Nusantara (Ibu Kota Nusantara), Kalimantan Timur.

"Salah satu solusinya adalah mengurangi beban Jakarta, sehingga sebagian nanti digeser ke Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi usai meresmikan Indonesia Arena di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin 7 Agustus 2023.

Jokowi mengatakan masalah polusi udara di Jakarta dan kota sekitarnya merupakan masalah yang sudah dialami selama bertahun-tahun.

Selain pengurangan beban di Jakarta dan memindahkannya ke IKN, Jokowi menyebut solusi lain adalah dengan kebijakan Pemerintah saat ini yang terus mendorong agar pembangunan transportasi massal di Jakarta dan sekitarnya bisa segera selesai.

Transportasi massal itu seperti pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) ke seluruh rute yang telah direncanakan, kereta ringan atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek yang dalam proses pengerjaan, kereta cepat, hingga peningkatan penggunaan mobil listrik.

"MRT itu harus segera selesai di semua rute, LRT untuk semua rute harus selesai, kereta cepat itu moda-moda transportasi yang mengurangi, akan mengurangi polusi termasuk nantinya pemakaian mobil listrik kenapa kita berikan dorongan karena itu (solusi menghadapi polusi),” kata Jokowi.

BACA JUGA:

Sebelumnya, polusi udara di Jakarta yang disebut semakin tidak sehat ramai diperbincangkan di media sosial.

Berdasarkan data kualitas udara yang dihimpun aplikasi kualitas udara "Nafas Indonesia" dan diunggah di laman twitter @nafasidn, disebutkan hampir seluruh titik sensor nafas di Jakarta dan kota penyangga (Jabodetabek) pada Senin pagi pukul 09.00 WIB, memiliki kualitas udara yang kotor dan mayoritas masuk kategori tidak sehat.

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) tengah menjajaki kerja sama membangun kota masa depan dengan Kota Shenzhen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China. 

"Untuk mewujudkan visi sebagai kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan, IKN terus belajar dan menyerap pengetahuan dari berbagai kota-kota maju di dunia," ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Sabtu 29 Juli 2023.

Bambang juga memuji transformasi Shenzhen pada empat dekade belakangan, yang hingga kini masih menjadi salah satu rujukan di bidang perencanaan kota.

"Dengan Nusantara sebagai sebuah kota baru sedang dibangun pada fase awal, menjadi tepat untuk belajar dari pengalaman dalam perencanaan dan pembangunan Shenzhen sebagai kota baru dalam 40 tahun terakhir," katanya.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono pada Sabtu (29/7) bertemu dengan Walikota Shenzhen Qin Weizhong untuk menjajaki kerja sama konkret yang disepakati antara Pemerintah Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: