Pensiun sebagai Legenda, Gianluigi Buffon Pernah Alami 5 Momen Buruk dalam Kariernya

Pensiun sebagai Legenda, Gianluigi Buffon Pernah Alami 5 Momen Buruk dalam Kariernya

Gianluigi Buffon--

Entah mimpi apa semalamnya. Pada partai puncak Piala Eropa 2012 melawan Spanyol, Buffon harus kebobolan empat gol dan Italia kalah 0-4.

Gelar juara Eropa yang sudah di depan mata harus kandas setelah final anti klimaks yang terjadi di Stadion NSK Olimpiiskyi, Kiev.

2. Gagal tampil di Piala Eropa 2000

Harusnya saat Piala Eropa 2000 di Belanda dan Belgia, Gianluigi Buffon yang menjadi pilihan utama dari Pelatih Italia Dino Zoff. Terlihat saat babak kualifikasi ia selalu jadi kiper nomor satu.

Sejatinya turnamen itu akan menjadi yang pertama bagi Buffon, tapi mendekati hari H ia malah cedera tangan. Posisi Buffon saat itu diambil alih oleh Francesco Toldo.

3. Hanya jadi nominasi Ballon d'Or 2006

Tak perlu diragukan lagi bagaimana sinar Buffon di tahun 2006. Ia berhasil mengantar Italia juara Piala Dunia dengan hanya kemasukan dua gol sepanjang turnamen.

Namanya masuk dalam tiga besar nominasi Ballon d'Or. Tapi sayang Buffon gagal bersaing dengan Fabio Cannavaro yang dianggap lebih memberikan pengaruh karena statusnya sebagai kapten tim.

4. Tiga kali kalah di final Liga Champions

Semua gelar di level klub berhasil diraih oleh Buffon, kecuali Liga Champions. Tiga kali masuk final bersama Juventus, ia selalu pulang dengan kekalahan.

Pertama di tahun 2003, Juventus melakoni duel derbi Italia melawan AC Milan. Buffon dkk kalah adu penalti dengan skor 2-3.

Kemudian kedua di tahun 2015, Juventus kalah 1-3 dari Barcelona. Lalu yang terakhir pada tahun 2017, Buffon kembali gagal setelah Si Nyonya Tua kalah 1-4 dari Real Madrid.

5. Degradasi ke Serie B bersama Juventus

Ketika berada di puncak kariernya tahun 2006, Buffon malah bermain di kasta kedua Liga Italia. Iya, saat itu ia memilih setia bersama Juventus yang harus degradasi karena kasus Calciopoli.

Berbeda dengan Fabio Cannavaro dan bintang lainnya yang memilih untuk pindah. Disaat terpuruk, Buffon malah tetap bersama Si Nyonya Tua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: