Pensiun sebagai Legenda, Gianluigi Buffon Pernah Alami 5 Momen Buruk dalam Kariernya

Pensiun sebagai Legenda, Gianluigi Buffon Pernah Alami 5 Momen Buruk dalam Kariernya

Gianluigi Buffon--

Gianluigi Buffon Pensiun - Kiper legendaris asal Italia Gianluigi Buffon akhirnya memilih untuk pensiun di usia 45 tahun.

Sederet prestasi mentereng pernah diraih oleh Buffon sepanjang kariernya di dunia sepak bola. Yang terbaik? tentu ketika dirinya berhasil meraih gelar Piala Dunia 2006.

Kiper yang lahir di Toscany itu memulai perjalanan profesional bersama Parma U-19 pada tahun 1994. Hanya perlu satu musim bagi Buffon untuk bisa menembus skuad senior Parma.

Gianluigi Buffon menjalani debut di Serie A pada musim 1995/1996, ketika usainya baru menginjak 18 tahun. Pada musim perdananya Buffon sembilan kali bermain di Serie A.

Mulai tampil reguler bersama Parma, nama Buffon semakin populer di dunia sepak bola. Puncaknya saat dirinya berhasil mempersembahkan gelar UEFA Cup untuk Parma di musim 1998/1999.

Penampilannya yang konsisten membuat klub raksasa Italia, Juventus tertarik untuk memboyongnya. Tahun 2001, Buffon akhirnya meninggalkan Parma dan bergabung dengan Juve.

Di sinilah Buffon menjelma menjadi kiper legendaris dunia. Ia berhasil memenangkan 10 gelar Liga Italia bersama Si Nyonya Tua.

Bersamaan dengan itu, Buffon juga hampir selalu menjadi kiper nomor satu di tim nasional Italia. Total dirinya mencatatkan 176 penampilan bersama Azzurri.

Prestasi individu Gianluigi Buffon juga tak kalah ciamik, tahun 2003 ia terpilih menjadi pemain terbaik UEFA. Kemudian di tahun 2017, dirinya terpilih sebagai Footballer of the Year di Italia.

Buffon sendiri sempat hijrah dari Italia untuk bergabung bersama klub kaya raya Prancis, Paris Saint Germain. Hanya satu musim berselang Buffon kembali ke Turin.

Buffon yang sudah memasuki usia senja menyadari kalau kariernya akan segera berakhir. Kiper dengan tinggi 192 sentimeter itu akhirnya pulang ke Parma tahun 2021.

Parma menjadi klub pertama dan terakhir bagi Buffon. Sayang di penghujung kariernya, Buffon gagal membawa Parma untuk kembali ke Serie A dan masih berkutat di kasta kedua.

Berdasarkan catatan statistik dari Transfermarkt, sepanjang kariernya Buffon berhasil mencatatkan 429 kali clean sheet dan kebobolan 825 gol.

Namun di balik deretan kisah indah itu, Gianluigi Buffon juga memiliki momen buruk dalam kariernya. 

Deretan momen buruk dalam karier Gianluigi Buffon 

1. Kebobolan empat gol di final Piala Eropa 2012

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: