Pekan Pertama Masuk Sekolah, Wali Murid di Kota Tangerang Dapat Pesan Nih Dari Kadindik

Pekan Pertama Masuk Sekolah, Wali Murid di Kota Tangerang Dapat Pesan Nih Dari Kadindik

Siswa SD No.2 Tanjung Benoa Ikuti Latihan Simulasi Evakuasi Mandiri Gempabumi dan Tsunami.--

Tahun Ajaran Baru Sekolah -- Tahun ajaran baru 2023/2024 dari tingkat PAUD hingga SMP di Kota Tangerang telah dimulai pada Senin (17/7) kemarin

Puluhan ribu anak di Kota Tangerang saat ini tengah memasuki dunia sekolah baru.

Dinas Pendidikan (Dindik) mengimbau beberapa hal yang perlu diperhatikan, dalam hal ini orang tua untuk bekerjasama dalam pendidikan anak.

Khususnya pekan pertama masuk sekolah, sebagai hari-hari penyesuaian anak dengan sekolah barunya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kota Tangerang, Jamaluddin mengungkapkan kadang orang tua akan menjumpai hal yang menjengkelkan pada anak-anak seperti rewel atau tidak mau berangkat ke sekolah saat tahun ajaran baru.

"Alasan malas sekolah itu bisa macam-macam. Mulai dari takut, malu, sungkan, hingga malas," ujarnya, Selasa 18 Juli 2023.

Namun menurutnya, perasaan itu manusiawi karena anak akan menghadapi lingkungan baru yang penuh dengan ketidakpastian dan perlu adaptasi.

Untuk menghadapi itu semua, Kadis Pendidikan Kota Tangerang pun memberikan sejumlah pesan yang bisa dilakukan orang tua, yakni:

1. Bangun Kerjasama dengan Guru

Kepala Satuan Pendidikan bersama para Pendidik dan Tenaga Kependidikan berinteraksi dengan para peserta didik baru dan orang tua/wali yang mengantar serta bertukar nomor telepon atau handphone atau kontak lainnya.

Ini untuk memudahkan berkomunikasi dalam menjalin komitmen bersama mengawal pendidikan yang lebih positif dan menyenangkan.

2. Kontrol emosi dan tetap tenang

Saat anak rewel dan mogok untuk berangkat sekolah, terutama pada pekan pertama masuk, maka orang tua jangan sampai terpancing emosi. Hal itu akan membuat anak menjadi lebih tertekan. Tetap sabar untuk mengajak berangkat sekolah. Tetap tenang agar dapat diketahui penyebab si anak mogok sekolah.

3. Berikan semangat dan motivasi

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: