Survei LSI Denny JA: Airlangga Hartarto Cawapres Terkuat untuk Isu Ekonomi di Pemilu 2024

Survei LSI Denny JA: Airlangga Hartarto Cawapres Terkuat untuk Isu Ekonomi di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto--

Menurut Hanggoro, cawapres yang berasal dari ketua umum atau perwakilan partai politik tetap diperlukan oleh capres yang tak cukup tiket untuk maju di Pilpres 2024.

Anies Baswedan memerlukan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Prabowo Subianto memerlukan dukungan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto; Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar; atau Erick Thohir yang mewakili PAN. 

“Tanpa dukungan partai itu, syarat maju sebagai pasangan capres untuk Anies dan Prabowo tak terpenuhi,” ujarnya.

Di sisi lain, dua cawapres yang paling kuat untuk isu ekonomi adalah Airlangga Hartarto dan Erick Thohir. Selain Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga seorang pengusaha dan Menteri Koordinator Perekonomian. Sedangkan, Erick Thohir adalah seorang pengusaha dan kini menjabat Menteri BUMN.

“Menurunnya kondisi ekonomi akibat pandemi tiga tahun membuat cawapres dengan latar kompetensi ekonomi mendapatkan nilai lebih. Airlangga Hartarto memiliki nilai tambahan lagi, di samping kompeten isu ekonomi, dia juga ketum partai besar, yakni Golkar,” terang Hanggoro.

Adapun hasil riset terbaru LSI Denny JA dilakukan melalui survei tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. 

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: