Survei LSI Denny JA: Airlangga Hartarto Cawapres Terkuat untuk Isu Ekonomi di Pemilu 2024

Survei LSI Denny JA: Airlangga Hartarto Cawapres Terkuat untuk Isu Ekonomi di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto--

Airlangga Hartarto Cawapres Terkuat - Delapan bulan menjelang Pilpres 2024, tiga tokoh provinsi menguat sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres). 

Tiga tokoh tersebut yakni Ridwan Kamil dari Jawa Barat, Gibran Rakabuming Raka dari Jawa Tengah, dan Khofifah Indar Parawansa dari Jawa Timur.

Berdasarkan hasil riset terbaru LSI Denny JA periode 30 Mei hingga 12 Juni 2023, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Elektabilitas Prabowo Subianto tercatat sebesar 34,3 persen, Ganjar Pranowo 32,7 persen, dan Anies Baswedan 22,1 persen. 

Elektabilitas Prabowo Subianto terpaut 1,6 persen dengan Ganjar Pranowo dan 12,2 persen dengan Anies Baswedan.

Secara tren yang diamati dari tiga survei, yakni Januari, Mei dan Juni 2023, elektabilitas Prabowo Subianto terlihat menanjak, Ganjar Pranowo naik turun, dan Anies Baswedan stagnan.

BACA JUGA:

Cawapres yang dipilih oleh tiga nama teratas bursa capres diyakini akan menjadi penentu kemenangan di Pilpres 2024. 

Ganjar Pranowo yang lemah di Jawa Barat bisa melirik Ridwan Kamil. Prabowo Subianto yang ingin merebut Jawa Tengah melirik Gibran Rakabuming Raka. 

Lalu, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto yang ingin merebut Jawa Timur juga mempertimbangkan Khofifah Indar Parawansa.

Peneliti LSI Denny JA Hanggoro Pamungkas mengatakan, saat ini sedang dilakukan proses judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK) agar yang menjadi capres/cawapres itu bisa berumur di bawah 40 tahun. 

Jika ini dikabulkan MK, maka Gibran Rakabuming Raka yang belum berusia 40 tahun bisa memenuhi syarat menjadi cawapres.

“Ini menjadi percakapan publik. Apakah gerakan meminta judicial review ke MK agar tokoh berusia di bawah 40 tahun bisa menjadi capres atau cawapres, itu adalah upaya agar Gibran dapat mendampingi Prabowo di 2024? Banyak pandangan berbeda soal ini,” kata Hanggoro saat rilis survei di Jakarta, Senin 10 Juli 2023. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: