Survei Trust Indonesia Kepuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Turun, Poempida: Kinerja Tidak Bisa Disurvei

Survei Trust Indonesia Kepuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Turun, Poempida: Kinerja Tidak Bisa Disurvei

Press rilis hasil survei nasional Trust Indonesia soal kinerja pemerintahan Jokowi, Senin 20 Maret 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-FIN

BACA JUGA:Anies Baswedan Unggul Dalam Survei Key Opinion Leader Trust Indonesia Terhadap 5 Capres Potensial 2024

BACA JUGA:Digandeng Jokowi Terus, Elektabilitas Prabowo Subianto Makin Moncer

Namun demikian, di sisi lain, menurut Noel, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini yang menitikberatkan kepada pembangunan infrastruktur sebenarnya sudah tepat. 

Namun, Mantan Ketua Umum Jokowi Mania itu mengakui bahwa terjadi persoalan di sisi penegakan hukum di Indonesia. 

Namun untuk persoalan lain seperti ekonomi, Noel menyebut Indonesia sebagai salah satu yang terbaik di dunia, terutama saat menyelesaikan permasalahan krisis ekonomi saat pandemi Covid-19. 

"Memang ada tersisa problem hukum. Tapi kalau dari soal ekonomi, krisis global kemarin kan luar biasa dan kita cukup mampu untuk menyelesaikan itu. Indonesia jadi salah satu negara di dunia yang mampu menyelesaikan persoalan ekonomi. Belum lagi kemarin pertemuan G20 kemarin sukses," ungkapnya. 

BACA JUGA:Tarik-tarikan Duet Ganjar-Prabowo atau Prabowo-Ganjar di Pemilu 2024

BACA JUGA:Sinyal Prabowo - Cak Imin Capres dan Cawapres 2024 Kian Kuat, Ini Buktinya

Meski demikian terkait penegakan hukum, Noel juga percaya bahwa Presiden Jokowi memiliki komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan. 

"Contoh sederhana kemarin di kemenkeu, ada sekitar 32 ribu pegawai di Kemenkeu itu tidak melaporkan harta kekayaannya ke KPK, tapi kan itu Presiden mendesak agar itu diselesaikan," tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, hasil Survei Nasional Trust Indonesia yang digelar pada 28 Januari – 6 Februari 2023 menunjukkan tren kepuasan publik yang menurun atas kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. 

Secara statistik, hasil survei tersebut menunjukkan kepuasan publik berada pada level 62,5 persen, bergerak turun dari tingkat kepuasan tahun lalu yang berada di level 65,7 persen.

BACA JUGA:Anies Bilang Ada Menko Ingin Mengubah Konstitusi, Gerindra: Hati-Hati Bicara

BACA JUGA:Anies Baswedan Sindir Menko yang Ingin Ubah Konstitusi: Harus Kita Lawan!

Tren menurun tersebut juga berlaku pada kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: