Survei Trust Indonesia Kepuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Turun, Poempida: Kinerja Tidak Bisa Disurvei

Survei Trust Indonesia Kepuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Turun, Poempida: Kinerja Tidak Bisa Disurvei

Press rilis hasil survei nasional Trust Indonesia soal kinerja pemerintahan Jokowi, Senin 20 Maret 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-FIN

Survei Trust Indonesia Kepuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Turun, Poempida: Kinerja Tidak Bisa Disurvei - Relawan Ganjar Center, Poempida Hidayatullah menyoroti hasil survei lembaga Trust Indonesia yang menyatakan bahwa tren kepuasan publik atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin menurun. 

Poempida yang pernah menjadi kader Golkar itu mengatakan, ia tidak terlalu khawatir terhadap hasil survei tersebut. Sebab menurutnya, hasil survei itu merupakan cerminan terhadap beberapa hal yang terjadi saat ini. 

BACA JUGA:Hasil Survei Trust Indonesia: Publik Respon Positif Duet Anies-Sandi di Pilpres 2024

BACA JUGA:Trust Indonesia: Pencapresan Anies Bawa Keuntungan Bagi Nasdem dan Demokrat

"Kalau survei itu kan kita coba memotret pada kurun waktu tertentu. Seharusnya dibandingkan dengan misalnya survei Trust kira-kira beberapa bulan lalu. Jadi kalau tiba-tiba angkanya kecil, belum tentu itu jadi jelek. Tapi kalau bisa proven naik kan lumayan, bisa kita bahas. Tapi kalau dipotret sekali ini kan jadi sulit," ujar Poempida dalam diskusi dan press rilis hasil survei Trust Indonesia di Jakarta, Senin 20 Maret 2023. 

Poempida mengatakan, ia di Ganjar Center selalu berusaha melihat segala sesuatu secara holistik, dengan basis yang sifatnya scientific atau berbasis data. 

Sementara dengan hasil survei tren kepuasan yang disampaikan oleh Lembaga Trust Indonesia tentang tren penurunan kepuasan publik terhadap pemerintah. Ia berharap agar survei dilakukan berbasis ilmiah. 

"Sekarang ini yang saya lihat, namun saya harus kritisi bahwa gak bisa ini tittle (Judul) nya tentang kinerja. Karena tidak ada penilaian kinerja dalam konteks basis survei. Tapi (kalau) bicara persepsi publik, iya saya sepakat. Ini berbeda," tuturnya. 

BACA JUGA:Survei Trust Indonesia: Prabowo-Ganjar Jadi Pilihan Tertinggi, Anies Beri Efek Ekor Jas dan Persepsi Perubahan

BACA JUGA:TRUST Indonesia: Deklarasi Capres Lebih Awal Menguntungkan, Ini Alasannya

"Saya berusaha mengoreksi, tidak ada persoalan apa-apa, jadi yang namanya persepsi publik ini juga bermacam-macam variannya. Karena mungkin sebagian publik yang disurvei itu tidak up to date dengan informasi yang benar-benar," sambungnya. 

Ia meminta agar kedepan ketika survei tentang hal ini, agar ada time frame nya yang jelas. "Mungkin bisa dilakukan beberapa kali survei untuk melihat progresnya, mungkin itu lebih baik," tuturnya. 

Sementara itu, Relawan Prabowo Mania 08 Immanuel Ebenezer mengatakan, hasil survei Trust Indonesia tentang tren kinerja pemerintahan yang menurun saat ini adalah hal yang wajar. 

Ia merujuk sejumlah persoalan yang terjadi belakangan ini, mulai kasus korupsi di lingkar pemerintahan hingga yang terakhir terkait dengan persoalan di Kementerian Keuangan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: