Survei Trust Indonesia Kepuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Turun, Poempida: Kinerja Tidak Bisa Disurvei

Survei Trust Indonesia Kepuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Turun, Poempida: Kinerja Tidak Bisa Disurvei

Press rilis hasil survei nasional Trust Indonesia soal kinerja pemerintahan Jokowi, Senin 20 Maret 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-FIN

Pada hasil survei kali ini, kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi hanya sekitar 67 persen. Sementara Wapres Ma’ruf hanya mendapatkan angka kepuasan sekitar 51,3 persen.  

“Secara umum, tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintahan memang menunjukkan penurunan. Tren penurunan tersebut juga terlihat pada persepsi publik atas kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Kyai Ma’ruf,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal dalam agenda di Jakarta, Senin 20 Maret 2023.

Tren kepuasan publik yang menurun ini juga dipengaruhi oleh ketidakpuasan responden terhadap kinerja penegakan hukum dan kondisi ekonomi. 

BACA JUGA:Lagi, Rakyat dan Relawan Deklarasikan Dukungan Bagi Anies-AHY untu Pilpres 2024

BACA JUGA:Di Depan Kader PKS, Anies: Kita Tak Perlu Bikin Hoaks, Kita Percaya Diri dengan Rekam Jejak

Pada poin penegakan hukum, penilaian buruk responden bahkan mencapai angka 51,2 persen. Angka tersebut jauh melampaui penilaian baik responden yang hanya berjumlah 37,7 persen.

Senada, publik juga menganggap kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja. Dalam hasil survei, sebanyak 48,8 responden menilai kondisi ekonomi sedang buruk. Hanya 37,0 persen responden yang menilai ekonomi masih dalam keadaan baik.  

“Dua faktor yang menyebabkan tren kepuasan publik atas kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf menurun. Pertama, karena responden menganggap kondisi penegakan hukum buruk. Kedua, karena responden beranggapan kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja,” jelas Azhari.  

Tak ayal, tren kepercayaan terhadap lembaga Kepresidenan pun berkurang. Dari perolehan statistik sekitar 86.3 persen pada tahun lalu, responden saat ini hanya memberi kepercayaan sebanyak 84,0 persen. 

BACA JUGA:Anies Baswedan Jawab Siapa Sosok yang Dampingi Dirinya di Pilpres 2024

BACA JUGA:Duet Ganjar dan Erick Thohir Paling Realistis Diusung KIB di Pemilu 2024

Angka tersebut lebih rendah dari tren kepercayaan responden kepada TNI yang berada pada kisaran level 85,1 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: