Tinjau Banjir di Trenggalek, Mensos: Ini yang Terparah

Tinjau Banjir di Trenggalek, Mensos: Ini yang Terparah

Mensos Tri Rismaharini saat meninjau lokasi banjir di Trenggalek, Jawa Timur-ist-ANTARA

 BACA JUGA:Pj Gubernur DKI Heru Budi Banjir Dukungan, Begini Kata Aktifis Budaya Betawi

Oleh karena itulah, Risma memutuskan menyerahkan bantuan sekaligus meninjau langsung bencana ini ke Trenggalek.

"Ini bantuan awal, logistik untuk masyarakat. Nanti juga akan saya bantu untuk sewa alat berat kemudian kita juga akan datangkan dari Jakarta," katanya.

Risma menambahkan, dirinya juga akan mengontak Walikota Surabaya untuk membantu alat berat karena ini belum musim puncak. 

BACA JUGA:Dapat Mereduksi Banjir di Bali, Ini Embung Sanur Karya Abipraya

"Jadi karena itu kenapa persiapannya harus cepat," katanya.

Selain masalah bronjong yang diperlukan dalam jumlah banyak untuk tangkis dan tanggul sungai yang rusak (rusak), Risma melihat hampir semua jalan, jembatan kondisinya kritis.

"Makanya tadi kami akan belikan dari Surabaya. Terus saya minta kepada Pak Kapolres dan Pak Dandim, untuk sementara daerah-daerah kritis tadi tidak dilalui oleh kendaraan berat. Karena beban itu akan mempengaruhi kekuatan jalan. Karena kondisinya yang di tepi sungai benar-benar tidak ada penahan sama sekali. Itu kalau dilewati kendaraan berat, akan mudah rontok," ujarnya.

"Memang kondisi alamnya seperti ini, sehingga kita harus saling gotong royong. Tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja, masyarakat harus bersama-sama menangani ini semua karena saya sangat percaya kekuatan masyarakat itu doa. Karena doa pasti Allah akan mengabulkan," tutup Risma.

Bupati Trenggalek, saat mendampingi kunjungan Menteri Sosial ini menambahkan, "Hari ini saya mendampingi Bu mensos. Beliau berkeliling, selain memberikan masukan terkait kondisi sungai secara kesosialan, beliau ingin memastikan jikalau, tapi kita tidak ingin bila terjadi banjir kembali terus ada jembatan putus lagi maka dikhawatirkan ada titik-titik pedesaan, dusun yang terisolir. Maka dari itu ibu memerintahkan untuk menyiagakan dapur-dapur umum di kawasan yang dimungkinkan terisolir," ucapnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: