Terkini

Pilihan


Tegas! Jaksa Agung Wanti-wanti ASN Kejaksaan Wajib Netral Jelang Pemilu 2024

Tegas! Jaksa Agung Wanti-wanti ASN Kejaksaan Wajib Netral Jelang Pemilu 2024

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.-kejaksaan.go.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mewanti-wanti jajaran aparatur sipil negara (ASN) Kejaksaan untuk bersikap netral menjelang Pemilu 2024.

Ia memerintahkan agar para ASN Kejaksaan tak terlibat dalam hegemoni dan polarisasi politik yang kerap mencuat jelang pesta demokrasi.

(BACA JUGA:Jaksa Agung Tak Pernah Larang Peci dan Hijab Bagi Terdakwa, Tapi...)

“Segenap ASN Kejaksaan wajib bersikap netral dengan menjaga monoloyalitas terhadap bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945,” kata Burhanuddin dalam keterangannya, Jumat, 29 Juli 2022.

Dalam menyongsong tahun politik tersebut, kata dia, sedikit banyak akan diwarnai dengan isu netralitas ASN, tak terkecuali ASN Kejaksaan.

Burhanuddin mengatakan posisi ASN Kejaksaan juga tidak lepas dari sorotan publik karena mampu menggerakkan potensi sosial dan politik yang berada di sekitarnya.

(BACA JUGA:Jaksa Agung Ungkap Kesaktian Lin Che Wei di Kemendag: Ikut Bikin Kebijakan DMO hingga Hadir di Rapat Penting)

“Saya contohkan seorang kepala satuan kerja di daerah dengan kendali di wilayah hukumnya tentu memiliki peluang besar untuk melakukan tindakan-tindakan yang melanggar prinsip netralitas,” kata Burhanuddin.

Oleh karena itu, Burhanuddin mengingatkan wajib hukumnya ASN Kejaksaan menjaga netralitas, terlebih menjelang pesta demokrasi pada 2024.

“Kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Asisten Pembinaan (Asbin), dan para Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), dan Kepala Subbagian Pembinaan (Kasubagbin) harus menanamkan dan mengarahkan nilai-nilai ASN BER-AKHLAK,” ucapnya.

(BACA JUGA:Komisi III DPR Dukung Jaksa Agung Soal Larangan Terdakwa Hadiri Persidangan Pakai Peci Atau Jilbab)

Adapun nilai-nilai ASN BER-AKHLAK mencakup Berorientasi Pelayanan Publik, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: