Pesan Moeldoko ke Relawan Jokowi: Tanam Pangan untuk Stok Saat Krisis

Pesan Moeldoko ke Relawan Jokowi: Tanam Pangan untuk Stok Saat Krisis

Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Purn Moeldoko yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan.-Dok. FIN-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengajak relawan Jokowi agar menanam bahan pangan sebagai cadangan makanan dalam menghadapi krisi di tahun-tahun akan datang. 

Hal tersebut disampaikan Moeldoko saat menghadiri silaturahmi akbar relawan 'Jokowi Plat K' dari Kabupaten Jepara, Pati, Kudus, Blora, dan Rembang, di Stadion Kamal Junaidi Jepara, Jawa Tengah, Minggu 20 Juni 2022.

"Masyarakat juga diminta memahami situasi saat ini. Bahwa dunia sedang menghadapi sebuah situasi yang tidak baik," ujar KSP Moeldoko. 

(BACA JUGA:Moeldoko Ngaku Pendekar dari Gunung Tidar, Petani Malah Ketawa, Begini Ceritanya)

Dia menilai, dampak krisi global juga akan sampai ke Indonesia. Untuk itu, kata dia, pesan Presiden Jokowi sangat jelas bagaimana mewaspadai krisis pangan dan energi. 

"Terkait dengan krisis pangan, masyarakat bisa menanam dengan aneka tanaman pangan yang bisa menjadi stok pangan nantinya" ujarnya. 

Sementara itu terkait Pilpres 2024, Moeldoko menyampaikan pesan Jokowi agar relawannya tidak terburu-buru. 

(BACA JUGA:Cegah Krisis Sektor Pariwisata, Wamenparekraf Tekankan Pentingnya Investasi di Bidang Ini)

"Beliau sudah berpesan agar kita tidak terburu-buru. Ojo kesusu. Karena saat ini ada hal-hal yang lebih penting untuk kita selesaikan bersama. Mari kita fokus menyelesaikan persoalan bangsa saja," katanya. 

"Soal politik kita tunggu saja arahan beliau ke mana kapal besar sukarelawan Jokowi ini akan berlabuh," ujarnya.

Moeldoko mengingatkan bahwa pemerintah saat ini masih sangat fokus menyelesaikan berbagai persoalan termasuk urusan ekonomi.

Pasalnya, semua negara di dunia, termasuk Indonesia, tengah berupaya memulihkan diri pascapandemi COVID-19 dan kini menghadapi persoalan lain dampak invasi militer Rusia ke Ukraina.

(BACA JUGA:Rizal Ramli Sebut Kondisi Ekonomi RI Saat Ini Lebih Sulit dari Krisis Tahun 1998)

Panglima TNI 2013-2015 itu juga meminta para relawan Jokowi terus mengawal dan mendukung penuh jalannya pemerintahan hingga selesai pada 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: