Transplantasi Jantung Babi ke Manusia Haram Atau Tidak?

Ahli bedah Muhammad M. Mohiuddin, MD memimpin tim melakukan transplantasi jantung babi ke tubuh seorang pria berusia 57 Tahun di Maryland, Amerika Serikat-University of Maryland School of Medicine (UMSOM)-Handout via REUTERS.

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Para peneliti dan pakar medis di Pusat Medis Universitas Maryland di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, baru-baru ini berhasil melakukan transplantasi jantung babi ke tubuh manusia. 

Transplantasi organ tubuh babi ke manusia ini bukan yang pertama kali, sebab sebelumnya juga telah dilakukan transplantasi ginjal babi ke tubuh manusia. 

Dari sisi kesehatan, keberhasilan transplantasi organ tubuh babi ke manusia adalah sebuah penemuan besar dan sebuah prestasi. Namun, bagaimana jika persoalan ini dilihat dari sudut pandang agama Islam?

(BACA JUGA:MUI dan DPR Sepakat Desak Pemerintah Siapkan Stok Vaksin Halal yang Cukup)

Fin.co.id kemudian mengkonfirmasi hal tersebut ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam kesempatan itu, MUI menyampaikan bahwa transplantasi organ tubuh babi ke manusia adalah haram. 

Ketua Bidang Fatwa MUI, KH Asrorun Niam Sholeh menjelaskan, secara prinsip penggunaan babi dan turunannya dalam kaitannya dengan kebutuhan pangan, obat dan pengobatan adalah haram. 

"Prinsipnya, pemanfaatan babi dan turunannya untuk kepentingan pangan, obat dan pengobatan hukumnya haram," tegas KH Asrorun Niam kepada fin.co.id, saat dihubungi pada Kamis, 13 Januari 2022. 

(BACA JUGA:Ormas Islam Ramai-Ramai Teriak Vaksin Halal, Ternyata Baru Dua Merk yang Lulus Uji MUI)

Meski demikian, ada catatan khusus dari MUI mengenai hal ini. Menurut KH Asrorun Niam, penggunaan material yang mengandung babi dan turunanya bisa saja diperbolehkan, dengan catatan dalam kondisi darurat. 

"Kecuali dalam kondisi darurat dan tidak ada alternatif lain," tegasnya. 

Dilansir Reuters, babi memang telah lama menjadi sumber potensial transplantasi karena organ mereka sangat mirip dengan organ manusia, termasuk jantungnya.

(BACA JUGA:Tak Lagi Dalam Kondisi Darurat, MUI Ajak Umat Islam Gunakan Vaksin Halal)

Organ lain dari babi yang sedang diteliti untuk ditransplantasikan ke tubuh manusia adalah pankreas, hati, dan paru-paru.

BERITA TERKAIT

//