Pendeta Gilbert Sambangi MUI Minta Maaf dan Klarifikasi Atas Ceramahnya yang Singgung Zakat Umat Islam

Pendeta Gilbert Sambangi MUI Minta Maaf dan Klarifikasi Atas Ceramahnya yang Singgung Zakat Umat Islam

Pendeta Gilbert Sambangi MUI Minta Maaf dan Klarifikasi Atas Ceramahnya yang Singgung Zakat Umat Islam--

FIN.CO.ID- Pendeta Gilbert Lumoindong akhirnya menyambangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat guna mengklarifikasi dan meminta maaf atas ceramahnya soal zakat dan gerakan salat umat Islam. 

"Siang hari ini, 16 April 2024 kami pimpinan Majelis Ulama Indonesia menerima kehadiran Pendeta Gilbert Lumoindong dalam rangka klarifikasi atas kegaduhan dari isi khutbahnya yang viral" kata Ketua MUI bidang dakwah, KH Cholil Nafis, Selasa 16 April 2024.

Kiyai Nafis mengatakan, pendeta Gilbert datang atas inisiatif sendiri setelah ceramahnya banyak dikecam sejumlah pihak lantaran dianggap menyindir kewajiban zakat 2,5 persen. 

BACA JUGA:

"Karena menyadari MUI adalah Rumah Besar umat Islam, bercerita soal kronologi dan isi lengkap khutbahnya" ujar Nafis. 

Nafis mengatakan, pendeta Gilbert akui tidak ada niat untuk menghina Islam apalagi menciptakan perpecahan. 

"Pendeta Gilbert datang ke MUI untuk meminta maaf kepada umat Islam dan umat beragama atas tindakannya yang kurang berkenan dan menyinggung perasaan umat Islam dan umat beragama" katanya. 

Lebih lanjut, Nafis mengatakan bahwa setelah mendengar penjelasan dari Pendeta Gilbert, Pengurus MUI mengambil kesimpulan bahwa kegaduhan juga semakin meruncing akibat adanya khutbah yang dipenggal-penggal dalam edit-edit, sehingga makna penyampaian, dapat berpotensi terjadinya kesalahpahaman di masyarakat. 

BACA JUGA:

"Kami sebagai umat beragama tentu menerima permohonan maafnya. Kami semua memaafkan seraya kami meminta agar kejadian ini menjadi pelajaran baginya dan bagi kita semua" katanya. 

"Bahwa saat khutbah atau ceramah tak perlu membandingkan keyakinan dan ritual agama lain apalagi merendahkan demi menjaga terjadinya kesalahpahaman" tutur Nafis. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: