Tata Cara dan Anjuran Selama Salat Idulfitri Beserta Sunnah yang Bisa Dilakukan

Tata Cara dan Anjuran Selama Salat Idulfitri Beserta Sunnah yang Bisa Dilakukan

Tata Cara dan Anjuran Selama Salat Idulfitri Beserta Sunnah yang Bisa Dilakukan--

fin.co.id - Persiapan menyambut momentum Hari Raya Idulfitri 1445 H semakin terasa. Semua lapisan masyarakat di berbagai penjuru wilayah mulai melakukan persiapan salat Idulfitri yang diperkirakan akan digelar Rabu 10 April 2024, besok.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, K.H Baijuri Khotib menjelaskan, salat Idulfitri merupakan momentum penting yang bisa dilaksanakan secara berjemaah maupun sendiri-sendiri.

Lanjutnya, salat Idulfitri ditandai dengan berjumlah dua rakaat dengan takbir sebanyak tujuh kali di rakaat pertama, takbir lima kali pada rakaat kedua, serta dilengkapi berbagai tata cara dan anjuran selama pelaksanaan salat tersebut.

“Salat Idulftri tentu menjadi momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua lapisan yang sedang merayakan lebaran. Oleh karenanya, pengetahuan mengenai tata cara dan anjuran tentunya sangat penting untuk diketahui bahkan diamalkan,” ujar K.H Baijuri, Selasa (9/4/24).

Tata cara pelaksanaan salat Idulfitri

1. Membaca Niat Salat Idulfitri

Seperti halnya pada tata cara ibadah salat pada umumnya, salat Idulfitri juga didahului dengan pembacaan niat bersamaan dengan takbiratul ihram. Adapun niat salat Idulfitri yang populer, seperti “Ushalli sunnatan li’idil fithri rak’atain (imaman/makmuman) lillahi ta’ala.”

2. Melakukan Takbiratul Ihram

Dilanjutkan melakukan takbiratul ihram seperti halnya dengan ibadah salat pada umumnya. Setelahnya, bisa juga ditambahkan dengan pembacaan do’a iftitah.

3. Takbir Sebanyak 7 Kali (Rakaat Pertama)

Setelahnya, dilanjutkan dengan melakukan takbir tujuh kali. Di sela-sela pelaksanaan takbir tersebut dianjurkan membaca, “Subhanallah wal hamdulillah, wala ilahaillah, wallahu akbar, wala haulaa wala quwwata, illa billahil aliyyil azhim."

4. Membaca Al-Fatihah dan Surat Pendek

Setelahnya, dilanjutkan dengan pembacaan Al-Fatihah dan surah-surah pendek pada umunya.

5. Rukuk, I’tidal, dan Sujud

Setelahnya, dilanjutkan dengan melakukan rukun salat seperti pada umumnya, mulai dari rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan berdiri lagi.

6. Takbir Sebanyak 5 Kali (Rakaat Kedua)

Setelahnya, dilanjutkan lagi dengan melakukan takbir sebanyak lima kali dengan pembacaan di sela-sela takbir seperti halnya dengan rakaat pertama.

7. Mengulangi Rukun seperti Rakaat Sebelumnya

Setelahnya, dilanjutkan dengan melakukan kembali rukun salat pada umumnya, mulai dari rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan ditutup dengan salam.

Selain itu, salat Idulfitri juga dilengkapi dengan amalan-amalan sunnah (dianjurkan) yang bisa dilakukan untuk melengkapi kesempurnaan ibadah di hari Istimewa tersebut, meliputi mandi, memakai pakian terbaik, memakai pengharum pakaian (parfum), makan sebelum salat Idulfitri, sampai mengambil jalan berbeda ketika berangkat dan pulang dari lokasi penyelenggaraan salat Idulfitri seperti yang dianjutkan Nabi Muhammad SAW.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: