Inget ya! Ucapan Minal Aidzin Walfaidzin Bukan Artinya Mohon Maaf Lahir dan Batin

Inget ya! Ucapan Minal Aidzin Walfaidzin Bukan Artinya Mohon Maaf Lahir dan Batin

Ilustrasi Lebaran, Image Dibuat Menggunakan Teknologi AI Copilot--

FIN.CO.ID- Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum saling maaf memaafkan antara sesama muslim. Ini telah menjadi tradisi di Indonesia secara turun-temurun. 

Tak ayal salah satu ucapan atau doa yang populer ketika momen idul fitri yakni: minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. 

Seolah ucapan minal aidzin wal faidzin itu artinya mohon maaf lahir dan batin.

Misalnya, ada seseorang yang menyalami rekannya atau kerabatnya sambil berujar: Minal Aizin ya bro. Maksud dia adalah: Maaf lahir batin ya bro. 

BACA JUGA:

Padahal, perlu diketahui bahwa minal aidzin wal faizin bukan artinya mohon maaf lahir dan batin. 

Minal aidzin wal faizin hanya sebuah frasa atau doa dengan bahasa Arab yang bukan bersumber dari hadis Nabi. Frasanya yakni: “ja’alanallahu minal aidin wal faizin”.

Artinya: semoga Allah kemudian menjadikan kita termasuk kepada orang yang kembali (fitrah) serta orang yang mendapat kemenangan.

Jadi, minal aidzin wal faizin adalah ungkapan doa. Jika orang yang mengucapkan minal aidizin wal faizin, maka kita jawab: aamiin ya Rabb. Dan kita juga balik mebalasanya dengan doa serupa, minal aidzin wal faizin. 

Hal ini tersebut terkandung dalam surat An-Nisa ayat 86.

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Artinya: Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan (salam), balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah dengan yang sepadan. Sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu. (QS An Nisa ayat 86).

BACA JUGA:

Menurut Ustadz Adi Hidayat, minal aidzin wal faizin adalah ucapan yang dibuat oleh ulama mutaakhirin. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: