Pemprov DKI Jakarta Prediksi Jumlah Pendatang Baru Usai Lebaran 2024 Menurun

Pemprov DKI Jakarta Prediksi Jumlah Pendatang Baru Usai Lebaran 2024 Menurun

Arus Balik Lebaran di Stasiun Gambir, Jakarta-sabrina hutajulu-fin.co.id Disway Grup

fin.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkirakan, jumlah pendatang baru ke Jakarta setelah perayaan Lebaran 2024 akan mengalami penurunan signifikan. 

"Kami memprediksikan akan turun 10 ribu hingga 15 ribu orang,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaludin, Minggu 14 April 2024.

Budi menjelaskan, penurunan ini dipengaruhi oleh pembangunan nasional yang mulai merata di beberapa daerah. 

Selain itu, tren jumlah pendatang usai Lebaran atau arus balik mudik selama empat tahun terakhir juga menjadi faktor penentu.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Tradisi Sungkem Tlompak di kawasan Gunung Merbabu Kabupaten Magelang

"Dalam menghadapi fenomena ini, Pemerintah DKI Jakarta mengimbau kepada warga Jakarta untuk tidak membawa saudara, kerabat, dan keluarga lain usai Lebaran tanpa jaminan tempat tinggal dan pekerjaan yang layak,” tambah Budi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono menekankan pentingnya bagi para pemudik untuk tidak mengajak sanak saudara mereka mengadu nasib di Jakarta, terutama jika mereka tidak memiliki keahlian yang memadai. 

“Pertimbangan risiko yang akan mereka hadapi seperti kesulitan memenuhi persyaratan administrasi pendudukan, akses terhadap pekerjaan. Kemudian menemukan tempat tinggal yang layak dan tetap," ujar Joko.

- Fajar Ilman -

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: