Hilal Sudah Terlihat, Lebaran Jatuh pada 10 April 2024, Diprediksi Wamenag dan Imam Besar Masjid Istiqlal

Hilal Sudah Terlihat, Lebaran Jatuh pada 10 April 2024, Diprediksi Wamenag dan Imam Besar Masjid Istiqlal

Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki saat konferensi pers terkait persiapan pelaksanaan Salat IdulFitri 1445 Hijrah.--

fin.co.id - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki memprediksi, 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Hal itu disampaikan langsung olehnya saat konferensi pers di Ruang VIP Al-Malik, Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2024.

Adapun untuk elongasinya sendiri, Saiful Rahmat Dasuki menyebutkan bahwa itu sudah berada dikisaran 8 samapi 10 derajat.

"Berdasarkan kondisi ijtimak yang jatuh pada hari ini kondisi ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai dengan 7 derajat 37,8 menit dan elongasi ini berkisar pada 8 derajat 23,68 menit sampai 10 derajat 12,94 menit," ujar Saiful Rahmat Dasuki kepada awak media.

BACA JUGA:Posisi Hilal di Jakarta Sudah Terlihat Sore Ini

Berdasarkan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), kondisi ketinggian hilal tersebut diperkirakan sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau Imkanu rukyat, yaitu tinggi hilal di angka 3 derajat dan elongasi sebesar 6,4 derajat.

"Jadi diprediksi, kita akan menyelenggarakan salat Idulfitri pada esok tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah," kata Saiful Rahmat Dasuki.

"Tentunya nanti kita akan konfirmasi lagi dalam sidang isbat yang akan kita selenggarakan pada sore hari nanti," sambungnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. 

BACA JUGA:Ini Alasan Kenapa Dianjurkan Makan Sebelum Salat Idulfitri

Dia menjelaskan bahwa dengan ketinggian bulan hilal yang sudah cukup besar itu, maka dapat dipastikan rukyatul hilal dapat dilihat dengan mudah.

"Insyaallah besar kemungkinan sebentar malam kita akan takbir ya, karena biasanya ketinggian bulan hilal seperti sekarang ini sudah cukup besar," kata Nasaruddin Umar.

"Biasanya sudah mudah untuk dirukyat, dilihat oleh para perukyat kita namun demikian kepastiannya kita menunggu Kementerian Agama, pemerintah kita," tandasnya.

- Intan Afrida Rafni -

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: