Masyarakat Diminta Manfaatkan Diskon Tol 20% yang Berlaku Besok

Masyarakat Diminta Manfaatkan Diskon Tol 20% yang Berlaku Besok

Situasi lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung.-FIN/Dok Jasa Marga-

FIN.CO.ID - Masyarakat yang hendak mudik Lebaran 2024 dapat memanfaatkan program diskon tarif tol sebesar 20 persen. Hal itu diberlakukan oleh pemerintah di semua jalur tol saat arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso dalam diskusi publik kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Selasa 2 April 2024. 

BACA JUGA:

"Diskon tarif tol periode mudik diberlakukan tanggal 3-5 April, kemudian arus balik pada tanggal 17-19 April, di semua jalur tol sebesar 20 persen," ujar Slamet.

Dia mengatakan, pemberian diskon tarif tol ini sudah disepakati oleh pengusaha jalan tol dan pemerintah. Hal itu juga, kata dia, sudah disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Harapannya dengan diskon tarif tol ini mengurangi kepadatan, serta pemerataan masyarakat yang akan mudik dan balik tidak bertumpuk pada saat puncak arus," terangnya.

Dengan sosialisasi lebih awal terkait diskon tarif tol, dia berharap, masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut dan mengatur waktu perjalanan mudik serta balik lebih awal.

Pada tahun 2023, penerapan diskon tarif tol berdasarkan evaluasi Korlantas Polri kurang efektif. Alasannya, kata dia, masyarakat belum tersosialisasi lebih awal dan masih melakukan perjalan pada puncak arus mudik maupun balik.

"Temuan-nya kurang efektif pemotongan diskon itu karena informasi-nya terlalu mepet. Sehingga publikasi ke masyarakat juga mepet, sehingga kurang efektif," pungkasnya.

Maka tahun ini, dia mengatakan, informasi pemotongan tarif tol diberlakukan lebih awal, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan keringanan diskon tarif tol yang dimulai pukul 05.00 WIB besok pagi tanggal 3 April di seluruh ruas jalan tol.

Slamet berharap, dengan adanya diskon 20 persen di seluruh jalan tol dari tanggal 3 April mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 4 April. Kemudian, untuk arus balik dari tanggal 17 sampai 19 April ada pemerataan pergerakan masyarakat yang mau mudik dan balik.

"Diharapkan adanya pemerataan orang yang mau mudik dan balik, tidak menumpuk pada satu titik jam puncak mudik atau balik," terang Slamet.

Pemerintah memperkirakan ada 193,6 juta masyarakat melakukan perjalanan pada momen mudik dan balik Lebaran 2024. Untuk mengantisipasi kemacetan dilakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow, sistem one way, dan ganjil-genap.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: