Ingin Utang Lunas? Gunakan 10 Metode Ini dan Simak Penjelasanya!

Ingin Utang Lunas? Gunakan 10 Metode Ini dan Simak Penjelasanya!

Hutang Lunas Dengan Menerapkan 10 Metode Ini , Simak Penjelasanya !!-FIN/FREEPIK-

FIN.CO.ID - Utang merupakan beban finansial yang dapat menghambat kebebasan keuangan seseorang. Membayar utang secara efektif memerlukan disiplin, strategi, dan kesabaran.

Berikut ini adalah 10 metode efektif yang dapat membantu Anda untuk melunasi utang.

Mengurangi debt atau utang adalah langkah yang harus dilakukan segera ketika Anda merasa terlilit oleh beban utang yang tidak dapat diikuti.

Berikut adalah 10 cara efektif untuk mengurangi utang:

1. Evaluasi terhadap cara melunasi utang

Sebelum melunasi utang, Anda harus menghitung dan mengubah gaya hidup Anda. Jangan menggunakan uang tabungan untuk membayar utang, karena itu akan membuat Anda kesulitan mendapatkan dana tambahan dan berpotensi memiliki hutang kembali saat kondisi darurat.

2. Rekapitulasi Utang

Membuat rincian atau rekapitulasi semua utang yang dimiliki dapat menjadi cara melunasi utang berikutnya. Rekapitulasi harus disertai dengan sisa utang, suku bunga, jangka waktu utang, dan prioritas hutang yang ingin dilunasi.

3. Gunakan Tabungan

Jika Anda memiliki tabungan lebih atau dana darurat, Anda bisa menggunakan uang tabungan yang dimiliki dengan catatan tidak menggunakan uang tabungan secara keseluruhan untuk utang.

Setiap Anda menggunakan seluruh tabungan untuk utang, Anda akan kesulitan mendapatkan dana tambahan dan berpotensi memiliki utang kembali saat kondisi darurat.

BACA JUGA:

 

4. Take Over Kredit

Cara melunasi utang yang satu ini terbilang cukup praktis namun sangat beresiko besar. Sebab, dengan melakukan take over kredit artinya Anda sepakat jika aset yang dijaminkan dijual untuk melunasi utang yang masih.

5. Menjual Aset yang Dimiliki

Jika opsi take over kredit dirasa terlalu membebankan Anda atau bahkan belum mampu menutupi nominal utang yang Anda miliki, Anda bisa mengambil langkah untuk menjual aset yang Anda miliki.

6. Debt Snowball Method

Cara ini disebut sebagai debt snowball karena besaran utang yang harus kamu bayar seperti bola salju yang kembali. Kelebihan dari strategi ini adalah dapat meningkatkan motivasi, karena kamu bisa melihat progres pelunasan utangmu lebih cepat.

7. Evaluasi Total Pengeluaran dan Penghasilan

Dilansir dari Investopedia, ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi beban dan mengubah kebiasaan berutangmu. Coba hitung kembali total pengeluaran dan penghasilan dalam satu bulan.

Nilailah seberapa besar sisa uang yang kamu punya setelah memastikan bahwa seluruh pengeluaran wajib seperti listrik, uang makan, hingga dana darurat sudah disisihkan.

8. Cicil lebih dari minimum pembayaran

Jika kamu ingin melunasi utang dengan cepat, cara yang satu ini bisa bekerja dengan efektif. Misalnya, kamu punya utang Rp100.000 yang semula ingin dicicil selama 5 bulan. Namun, jika kamu melebihkannya menjadi Rp40.000 setiap bulan, utangmu akan terbayar lunas dalam kurun waktu kurang dari 4 bulan.

9. Bayar lebih dari satu kali sebulan

Jika cara sebelumnya menitikberatkan pada nominal cicilanmu, cara yang satu ini lebih menekankan pada frekuensi pembayaran dalam satu bulan. Setiap ada penghasilan tambahan, bayar lebih dari satu kali sebulan.

10. Berhemat Ketika Belanja

Ketika grocery shopping atau berbelanja kebutuhan sehari-hari, ada beberapa tips yang bisa membantumu menghemat uang. Misalnya dengan berbelanja ketika puncak diskon atau beralih membeli makanan yang jauh lebih awet, seperti makanan kaleng atau sereal.

Dengan menjalankan beberapa cara di atas, Anda dapat mengurangi debt dengan efektif dan membantu Anda dalam mengelola keuangan lebih baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: