MPR Ingatkan Masyarakat Tak Andalkan Pinjol untuk Atasi Masalah Ekonomi

MPR Ingatkan Masyarakat Tak Andalkan Pinjol untuk Atasi Masalah Ekonomi

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Sjarifuddin Hasan atau dikenal Syarief Hasan.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Sjarifuddin Hasan atau dikenal Syarief Hasan mengingatkan, agar masyarakat tidak mengandalkan aplikasi pinjaman online (pinjol) untuk mengatasi masalah perekonomian. Tidak terkecuali juga para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ingin mencari modal usaha.

"Jangan sekali-kali melirik apalagi mencoba-coba melakukan pinjaman kepada pinjol, apa pun alasan serta tujuannya," kata Syarif Hasan dalam keterangan pers yang dikutip dari Antara, Selasa 6 Februari 2024.

BACA JUGA:

Menurut dia, jasa pinjol akan menjebak masyarakat dengan lilitan utang yang besar. Hal tersebut akan menimbulkan permasalahan baru sehingga biaya kebutuhan semakin besar. Tidak hanya itu, kata dia, pihak perusahaan pinjol pun dinilai tidak segan memakai cara yang intimidatif dalam melakukan penagihan utang.

Anggota Komisi I DPR RI ini mengakui sangat mudah meminjam uang dari aplikasi pinjol. Namun demikian, kata dia, kemudahan itu lah yang akan menjadi jebakan kepada masyarakat sehingga masuk ke dalam lilitan utang pinjol.

Maka itu, dia meminta pemerintah, eksekutif mau memfasilitasi jasa pinjaman dana yang ramah dan aman kepada masyarakat. Dia pun mencontohkan beberapa kredit usaha yang pernah dibuat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memudahkan masyarakat meminjam dana.

"Itu sangat membantu para pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan modal bagi usahanya. Cara-cara seperti itu harus dilakukan kembali, apabila kita ingin menyelesaikan persoalan pinjol maupun lintah darat," katanya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: