Hasil Survei Capres 2024 dari Berbagai Lembaga Survei

Hasil Survei Capres 2024 dari Berbagai Lembaga Survei

Debat Ketiga Capres --

Survei IPS ini dilakukan tanggal 7 hingga 14 Januari 2024 di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel survei IPS kali ini sebesar 1220 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error +/- 2,8 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telepolling) oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

3. Lembaga Survei and Polling Indonesia (SPIN)

Lembaga Survei and Polling Indonesia (SPIN) merilis survei terbaru Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka teratas. Elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat berada di angka 50,9 persen setelah debat ketiga Pilpres 2024.

Sedangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih elektabilitas sebesar 18,7 persen dan paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud sebesar 23,5 persen.

Survei SPIN ini dilakukan dalam kurun waktu 8-14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

4. Jakarta Research Center (JRC)

Hasil survei terbaru Jakarta Research Center (JRC) menyebut elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menembus 50,3 persen. Sedangkan Aniers Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan 23,6 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hanya mendapat 18,4 persen responden.

"Sebagian besar pemilih dari segmen nasionalis cenderung memilih pasangan Prabowo-Gibran, terbukti dari tingginya elektabilitas yang mencapai 50,3 persen, jauh di atas Ganjar-Mahfud," kata Direktur Komunikasi JRC Alfian P dalam keterangan tertulisnya, Selasa 9 januari 2024.

Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

5. Lingkar Survei Nusantara (LSN)

Lingkar Survei Nusantara (LSN) memaparkan hasil survei elektabilitas calon presiden yang dilakukan pada 28 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Hasilnya, pasangan calon Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka kokoh di posisi pertama dengan memperoleh dukungan sebesar 49,5 persen. 

Sementara pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 24,3 persen. Kemudian pasangan Ganjar Pranowo san Mahfud MD di posisi buncit dengan elektabilitas sebesar 20,5 persen. 

"Jika pada survei LSN November 2023, Prabowo-Gibran mengalami peningkatan elektabilitas sekitar 7,4 persen. Ganjar-Mahfud masih 28,8 persen dan berada di posisi kedua, kini tinggal 20,5 persen alias anjlok sebesar 8,3 persen hanya dalam waktu sebulan," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, Jumat 5 Januari 2024.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: