Jadwal dan Link Live Streaming Pengumuman Hasil Sidang Putusan MK Sengketa Pilpres 2024

Jadwal dan Link Live Streaming Pengumuman Hasil Sidang Putusan MK Sengketa Pilpres 2024

Jadwal dan Link Streaming Sidang putusan Sengketa Pilpres di MK--antikorupsi.org

FIN.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan akan mengumumgkan dua putusan tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presidien Tahun 2024, Hari Senin, 22 April 2024.

Sidang sengketa hasil Pilpres 2024 MK  menindak lajuti gugatan dari kedua kubu calon Presiden dan Wakil Presiden (capres-cawapres) yang keberatan dengan hasil Pemilu 2024.

Kubu pasangan calon (paslon) 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengajukan gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU), sementara paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pihak terkait dalam sengketa ini.

MK akan membacakan hasil sidang putusan sengketa Pilpres 2024, pada Senin 22 April 2024 pukul 09.00 WIB. Kalian juga bisa menyaksikannya melalui link di bawah ini.

BACA JUGA:

Sidang perdana gugatan hasil Pilpres 2024 telah digelar pada Rabu, 27 Maret 2024 di MK. Dalam sidang tersebut, KPU menjadi pihak tergugat yang dihadirkan untuk memberikan keterangan, sementara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga turut berperan sebagai pihak pemberi keterangan.

Sidang kali ini membhasa dua perkara nomor 1 /PHPU.PRES-XXII/2024 dan 2/PHPU.PRES-XXII/2024 dengan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

Pembacaan putusan oleh hakim konstitusi ini diadakan paling lambat 14 hari kerja sejak permohonan tercatat sesuai ketentuan dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi elektronik (e-BRPK).

Putusan ini didapat dari hasil Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang diadakan sejak 16 April 2024 yang diikuti delapan hakim MK dalam perkara tersebut.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menerjunkan 7.783 personel untuk mengamankan sidang putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) atau Pemilu 2024 di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Senin 22 April 2024. Tidak hanya mengamankan sengketa Pilpres 2024, ribuan polisi itu dikerahkan untuk mengamankan demo di sekitar lokasi.

"Kami membagi mereka pada beberapa sektor antara lain sektor (gedung) Mahkamah Konstitusi, sektor Bawaslu RI, dan sektor Monumen Nasional (Monas)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Jakarta, Minggu 21 April 2024

Ade Ary mengatakan, untuk rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. Namun, dia menegaskan apabila eskalasi meningkat dan diperlukan tindakan itu maka polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Maka, kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan Gedung MK untuk mencari jalan alternatif lainnya karena akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung MK," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: