Hasil Survei Capres 2024 dari Berbagai Lembaga Survei

Hasil Survei Capres 2024 dari Berbagai Lembaga Survei

Debat Ketiga Capres --

FIN.CO.ID - Debat calon presiden dan wakil presiden keempat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bakal digelar pada Minggu 21 Januari 2024. Berbagai lembaga survei terus merilis hasil surveinya terkait dengan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden.

Meski ada kalangan yang meragukan hasil survei itu tapi ada juga yang mempercayai hasil tersebut. Terutama yang meragukan hasil survei adalah pihak yang tidak diuntungkan dengan hasil survei itu.

BACA JUGA:

Meski demikian, kalau kita mau bercermin pada Pilpres 2019 ada lembaga survei yang ramalannya pas. Namun, ada juga yang melenceng dan kurang tepat.

Berikut hasil survei Pilpres 2024 yang berhasil dihimpun FIN.CO.ID:

1. Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research

Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research mengeluarkan hasil survei yang dilakukan pada periode awal Januari 2024. Pada hasil survei ini, elektabilitas pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dibanding dua kandidat lainnya.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di peringkat 22,3 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di angka 18,6 persen. Sisanya sebanyak 8,1 persen menyatakan tidak tahu atau tidak jawab.

"Elektabilitas Prabowo-Gibran stabil dan mencapai 51,1 persen, sedangkan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud saling berkejaran di posisi bawah,” kata Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 17 Januari 2024.

Survei Index Research dilakukan pada 3-9 Januari 2024 terhadap 1.200 orang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan diwawancara tatap muka. Margin of error survei sebesar sekitar 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

2. Indonesia Polling Stations (IPS)

Indonesia Polling Stations (IPS) merilis survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden. Dari 3 calon, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih bertengger di posisi satu dengan elektabilitas mencapai 51,8 persen.

Di posisis kedua ada pasangan Capres Anies Baswedan dan Wakilnya Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan angka 21,3 persen dan Ganjar Prabowo-Mahfud MD di posisi buncit yakni 19,2 persen.

"Sebanyak 51,8 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Prabowo-Gibran. Sedangkan Anies-Muhaimin hanya dipilih 21,3 persen responden, sementara Ganjar-Mahfud kian terbenam dengan elektabilitas 19,2 persen saja. Warga yang belum bisa membuat keputusan (undecided) tinggal 7,7 persen," ujar Peneliti IPS Alfin Sugianto saat merilis survei secara daring, Selasa 16 Januari 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: