Mengenang 19 Tahun Tsunami Aceh 26 Desember

Mengenang 19 Tahun Tsunami Aceh 26 Desember

tragedi tsunami Aceh pada 26 Desember 2004--djkn.kemenkeu.go.id

FIN.CO.ID - Bertepat pada 26 Desember 2023 menjadi peringatan 19 tahun peristiwa bencana  tsunami Aceh.

Bencana tsunami Aceh terjadi pada 26 Desember 2004. Gempa berkekuatan magnitudo 9,3 sr yang mengguncang dasar Samudra Hindia mengakibatkan ombak setinggi 30 meter menghantam pesisir dan pemukiman warga.

Sebanyak 200 ribu korban meninggal karena bencana alam tersebut sebagaimana dilaporkan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 4 Januari 2005.

Bagi kalian penasaran akan tragedi tsunami Aceh 19 tahun tersebut, simak informasinya di bawah ini.

BACA JUGA:

Tsunami Aceh 26 Desember 2004

Gempa terjadi pada pukul 07:58 waktu setempat pada tanggal 26 Desember 2004. Gelombang tsunami mencapai pesisir Aceh hanya dalam waktu sekitar 20-30 menit setelah gempa.

Gempa di Aceh menyebabkan tsunami di sepanjang daratan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia selain Sri Lanka, Thailand, dan India. Aceh merupakan daerah yang terkena dampak paling parah.

Tsunami Aceh menyebabkan gelombang besar yang melanda pesisir Aceh dan sekitarnya. Dampaknya sangat merusak, dengan desa-desa yang hancur dan ribuan orang kehilangan nyawa. Total korban tewas diperkirakan mencapai ratusan ribu orang.

Komunitas internasional memberikan bantuan besar-besaran dalam upaya pemulihan dan rehabilitasi. Banyak organisasi nirlaba, pemerintah dan sukarelawan memberikan bantuan kepada korban tsunami Aceh.

BACA JUGA:

Tsunami Aceh menyadarkan dunia akan pentingnya sistem peringatan dini tsunami. Sejak itu, banyak negara di sepanjang Samudra Hindia meningkatkan sistem peringatan dan mitigasi bencana untuk mengurangi dampak potensial dari peristiwa serupa di masa depan.

Tsunami Aceh adalah tragedi yang mendalam dan meninggalkan luka yang dalam di hati masyarakat Aceh dan seluruh dunia. Bencana ini juga memicu perhatian global terhadap perlunya tanggapan cepat dan sistem peringatan dini untuk melindungi masyarakat dari bencana alam serupa.

Dalam rangka memperingati tsunami Aceh ke-19. Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Festival Smong 16-17 Desember 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: