Video Detik-Detik Pengibaran Bendera GAM di Polsek Samalanga Aceh, Polisi yang Piket Gak Bisa Berbuat Apa-Apa

Video Detik-Detik Pengibaran Bendera GAM di Polsek Samalanga Aceh, Polisi yang Piket Gak Bisa Berbuat Apa-Apa

Video Detik-Detik Pengibaran Bendera GAM di Polsek Samalanga Aceh, Polisi yang Piket Gak Bisa Berbuat Apa-Apa -fin/natatiktoq7-

FIN.CO.ID - Bendera GAM (Gerakan Aceh Merdeka) berkibar di Polsek Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh. Bendera bulan bintang itu dikabarkan dekat dengan bendera Merah Putih. 

Video pengibaran bendera GAM itu pun ramai di media sosial. Anggota Polsek yang sedang berdinas saat itu tidak bisa berbuat apa-apa. 

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik tersebut, diketahui orang yang memasang bendera GAM adalah seorang mantan kombatan GAM bernama Nasruddin alias Nyak Din.

Diketahui, Nyak Din merupakan mantan Panglima Sagoe Kuta Glee Daerah I Wilayah Batee Iliek. Pada video itu, Nyak Din terlihat mengikatkan bendera GAM di pagar Polsek Samalanga. 

Dari video yang beredar sejumlah pria mendatangi Polsek Samalanga mengendarai sebuah mobil. 

Di bagian depan mobil tampak terpasang bendera bulan bintang dengan garis hitam. Mobil yang ditumpangi pria tersebut masuk ke halaman Polsek Samalanga.

Mobil diparkir di depan pintu utama Polsek Samalanga. Beberapa pria turun sambil membawa bendera bulan bintang menuju ke pagar Polsek.


Video Detik-Detik Pengibaran Bendera GAM di Polsek Samalanga Aceh, Polisi yang Piket Gak Bisa Berbuat Apa-Apa -fin/natatiktoq7-

BACA JUGA:

Sejurus kemudian, mereka lalu mengikat tiang bendera dengan menggunakan kawat. Saat itu, seorang anggota Polsek yang sedang piket di penjagaan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) mendatangi Nyak Din.

Polisi yang memakai kaos cokelat itu juga terlihat menelepon. Namun, dia tidak dapat berbuat apa-apa. Nyak Din dan anggota Polsek tersebut sempat bercakap-cakap dalam bahasa daerah. 

Namun, polisi tadi juga tidak bertindak mencopot bendera GAM yang terpasang di pagar Polsek Samalanga. Dia langsung masuk ke ruangan piket SPKT. Usai memasang bendera, Nyak Din meninggalkan Polsek Samalanga. 

Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko membenarkan adanya pemasangan bendera GAM di Polsek Samalanga. Insiden itu terjadi pada Jumat sore, tanggal 29 Maret 2024.

Menurut Jatmiko, pemasangan bendera bulan bintang tersebut diduga dilatarbelakangi adanya ketidakpuasan dari pelaku Nyak Din terhadap hasil penanganan kasus penganiayaan yang dilaporkan ke Polsek Samalanga pada 4 Oktober 2023 lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: