Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang NTT, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang NTT, Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi - Gempa bumi-Istimewa-

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 6,0 mengguncang beberapa kabupaten di Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa 25 Juli 2023 pukul 07.25 Wita. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tersebut berada pada 74 km barat laut Timor Tengah Utara, NTT.

Gempa bumi itu dirasakan di Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kota Kupang.   

Bahkan gempa bumi itu juga terasa hingga Kabupaten Lembata, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Ende, dan Kabupaten Alor.

BACA JUGA:

"Cukup terasa tadi, untungnya saya sedang di luar ruangan," kata Qikan di Maumere dikutip Antara. 

Hal senada juga disampaikan Lady di Ende. "Ende terasa meski tidak terlalu kuat," katanya.

"Benar, gempa. Selalu waspada ya," kata Andri yang merasakan getaran gempa bumi di Lewoleba, Kabupaten Lembata.

BMKG menyatakan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, BMKG Stasiun Geofisika Kupang mengimbau masyarakat untuk tidak termakan hoaks atau berita bohong yang berkaitan dengan dampak dari gempa bumi itu. 

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Stasiun Geofisika Kupang Margiono dari Kupang. 

BACA JUGA:

BMKG menyebutkan wilayah Pantai Barat Laut Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur telah diguncang gempa tektonik dengan parameter update magnitudo 5,7 pada pukul 07.25.12 WIB.  

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,26° LS; 123,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak empat km arah Barat Laut Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 67 km.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: