15 Desember Hari Juang Kartika TNI AD, Begini Tema dan Sejarahnya

15 Desember Hari Juang Kartika TNI AD, Begini Tema dan Sejarahnya

Hari Juang Kartika TNI AD 2023--

FIN.CO.ID- Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat (AD) adalah peringatan yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 15 Desember di Indonesia. 

Hari ini dimaksudkan untuk memperingati peristiwa Pertempuran Palagan Ambarawa pada tahun 1945, yang terjadi selama Agresi Militer Belanda II. 

Pertempuran ini berlangsung di Ambarawa, Jawa Tengah, dan melibatkan pasukan Indonesia dalam perjuangan melawan pasukan Belanda.

Pertempuran Palagan Ambarawa menjadi salah satu episode penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 15 Desember 1961, Presiden Soekarno menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Juang Kartika sebagai penghormatan terhadap peran dan pengorbanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia.

Perayaan Hari Juang Kartika TNI bertujuan untuk mengenang semangat juang dan keberanian para prajurit TNI serta untuk membangkitkan rasa patriotisme di kalangan masyarakat. 

BACA JUGA:

Peringatan ini juga mencerminkan tekad bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan menegaskan arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi ancaman terhadap negara. 

Pada Hari Juang Kartika, biasanya dilakukan upacara peringatan, kegiatan penghormatan terhadap pahlawan, dan berbagai acara lainnya untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut.

Tema Hari Juang Kartika TNI AD 2023:

Tahun ini, Hari Juang Kartika TNI AD ke-78 jatuh pada hari Jumat, 15 Desember 2023. Hari Juang Kartika TNI AD ke-78 mengusung tema 'TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI'.

Tema ini dipilih untuk menegaskan kembali komitmen TNI AD untuk selalu bersama rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI, termasuk dengan menjaga kelestarian alam.

Tema ini juga sejalan dengan semangat Pertempuran Ambarawa yang menjadi momentum kemenangan TNI AD bersama rakyat dalam mengusir penjajah. 

BACA JUGA:

Tema "TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI" memiliki beberapa makna penting, yaitu:

1. TNI AD bersama rakyat

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: