Tanda-Tanda Pertalite Bakal Dihapus Sudah Mulai Terlihat, Penggantinya Pertamax Green 95

Tanda-Tanda Pertalite Bakal Dihapus Sudah Mulai Terlihat, Penggantinya Pertamax Green 95

Pertalite sudah tak lagi ada di pelang SPBU Jalan Raya Pos Pengumben, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.-FIN/Candra Pratama/Disway Group-

FIN.CO.ID - Tanda-tanda bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite bakal dihapus sudah terlihat dan diganti Pertamax Green 95. 

Ini mengingatkan pada penghapusan BBM jenis premium dan berganti dengan Pertalite beberapa waktu lalu.

Salah satu contohnya, sejumlah SPBU sudah tak melayani lagi penjualan Pertalite. Contoh lainnya, perluasan penyebaran Pertamax Green 95. 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting membenarkan jika penyebaran Pertamax Green 95 maskin meluas di wilayah Jabodetabek hingga Jawa Timur.

Selain itu, Pertamina juga terus menambah SPBU yang menjual pertamax green 95.

BACA JUGA:

Pertamax Green 95 digadang-gadang jadi pengganti BBM pertalite, meski harganya lebih mahal yakni Rp13.900 per liter. Berbeda dengan pertalite yang hanya Rp10.000 per liter. 

Namun, pertamax green 95 merupakan BBM yang ramah lingkungan. Karena Pertamax green 95 memiliki nilai Oktan 95 & Ethanol 5% (bahan Nabati dari Molase Tebu).

"Saat ini di Jabodetabek dan Jatim sudah ada 65 SPBU yang menjual pertamax green 95. Sebab permintaan pertamax green 95 makin banyak," ujar Irto dalam keterangan resminya, Selasa, 7 Mei 2024.

Pengembangan SPBU pertamax green 95 lanjut Irto juga guna mendukung program dekarbonisasi Indonesia menuju Net Zero Emission (NZE) melalui penyediaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Meski begitu, Irto mengatakan bahwa program tersebut persetujuannya tetap di SPBU.

"Dimana SPBU tetap mempertimbangkan potensi permintaan dari konsumen yang datang ke SPBU-nya," tandasnya.

Sebetulnya, usulan untuk mengganti BBM pertalite ke pertamax green sudah dilakukan Pertamina sejak tahun lalu.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: