Panglima TNI Agus Subiyanto Tegaskan Pembebasan Philip Mark Mehrtens Dilakukan Secara Soft Approach

Panglima TNI Agus Subiyanto Tegaskan Pembebasan Philip Mark Mehrtens Dilakukan Secara Soft Approach

Tangkapan layar pimpinan KKB Papua Egianus Kogoya yang mengancam tembak mati pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens--twitter

fin.co.id - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan, upaya pembebasan Philip Mark Mehrtens, sandera berkebangsaan Selandia Baru oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, tetap dilakukan secara soft approach.

Pendekatan tersebut, lanjut Agus, dilakukan dengan mengedepankan diplomasi yang melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Kita hindari adanya letusan senjata, satu butir pun," tegas Agus Subiyanto dilansir dari Antara, Jumat 8 Desember 2023. 

Terkait penanganan terhadap KKB, yang sering menyerang hingga menewaskan warga sipil dan anggota TNI-Polri, Agus menjelaskan hard approach akan dilakukan ketika kelompok tersebut menggunakan senjata.

Sehingga, lanjut Agus, hal itu harus dilawan dengan senjata dan itu merupakan tindakan terakhir yang akan digunakan TNI.

BACA JUGA:Pilihan Terakhir, Panglima TNI Agus Subiyanto Katakan Hadapi KKB Papua dengan Senjata

Oleh karena itu, dia mengatakan TNI senantiasa berupaya menangani secara soft approach dengan mengedepankan teritorial.

Melalui operasi teritorial, Agus berharap dapat mempercepat pembangunan di Tanah Papua karena wilayah tersebut mendapat anggaran sangat tinggi tetapi masih ada kesenjangan sosial di kalangan masyarakat.

Agus kembali menegaskan bahwa keberadaan TNI di Papua adalah untuk membantu program pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat setempat.

"TNI akan berkolaborasi dengan instansi lain, seperti Polri dan kementerian serta instansi lain, untuk menangani hal tersebut," kata Jenderal TNI Agus Subiyanto dengan didampingi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Panglima TNI dan kapolri berada di Jayapura untuk memberikan pengarahan terhadap anggota TNI-Polri di Makodam XVII Cenderawasih.

BACA JUGA:HUT OPM 1 Desember, Ini 13 Daerah Basis KKB Papua yang Bakal Diwaspadai TNI-Polri

Selain itu, Agus dan Listyo Sigit juga menyaksikan kegiatan pengobatan massal dan melepas babinsa dan bhabinkamtibmas yang akan menyalurkan 2.500 paket di Lantamal X Jayapura.

Sebelumnya, tindakan tegas menggunakan senjata dalam menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua menjadi pilihan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: