Kabar Prabowo Pernah Stroke 2 Kali Dibantah Kepala RSPAD Gatot Soebroto: Jangan Sampai Termakan Hoaks

Kabar Prabowo Pernah Stroke 2 Kali Dibantah Kepala RSPAD Gatot Soebroto: Jangan Sampai Termakan Hoaks

Pasangan capres cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming -ANTARA/Galih Pradipta-

FIN.CO.ID - Kabar calon presiden (capres) Prabowo Subianto pernah terkena stroke dua kali dibantah Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya. 

Menurutnya, informasi Prabowo pernah terkena serangan penyakit stroke sebanyak dua kali adalah tidak berdasar.

"Saya lebih percaya kepada tim pemeriksa daripada informasi yang tidak berdasar," kata Budi usai menyerahkan hasil tes tiga bakal pasangan capres dan cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat 27 Oktober 2023.

Budi mengatakan, tim pemeriksa kesehatan bakal pasangan capres cawapres telah menjalankan tugasnya melakukan pemeriksaan kesehatan dengan sangat baik.

"Saya lebih percaya pada hasil pemeriksaan tim dokter kami, tim yang kami bentuk, dan jangan sampai termakan oleh hoaks," tegas Budi.

Sebelumnya, Budi mengatakan bahwa saat RSPAD Gatot Soebroto digandeng oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk memeriksa bakal pasangan capres dan cawapres, pihaknya segera membentuk tim yang profesional dan independen.

BACA JUGA:

Budi pun telah menyurati Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menyertakan perwakilan dari kolegium kedokteran yang diperlukan untuk menjadi tim pemeriksa.

Selain itu, anggota tim pemeriksa kesehatan itu juga terdiri atas perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia.

"Dengan demikian, tim ini ada banyak, beberapa komponen; tim dokter dari RSPAD, tim dari kolegium, dan dari BNN, serta dari Himpunan Psikologi Indonesia," jelas Budi.

Sebelumnya, Hasil tes kesehatan para kandidat capres-cawapres di Pemilu 2024 menunjukan hasil positif untuk keseluruhan.  

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyebut, hasil tes kesehatan tiga bakal pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden menunjukkan mereka semua mampu menjalani tugas sebagai presiden dan wakil presiden.

Hasyim mengatakan hal itu usai menerima berkas hasil tes kesehatan ketiga bakal pasangan capres dan cawapres dari Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL., M.A.R.S. di Kantor KPU, Jakarta, Jumat 27 Oktober 2023.

"Pada kesempatan pertama, yang hadir di kantor KPU mendaftar dan juga konsekuensinya, kemudian kesempatan pertama dilakukan pemeriksaan kesehatan yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar; itu menurut hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa hasil pemeriksaannya mampu menjalankan tugas sebagai (calon) presiden dan wakil presiden. Yang kedua dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Hasyim.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: