Mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan UI Tingkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Jasa Ekosistem

Mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan UI Tingkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Jasa Ekosistem

Program Studi Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia sedang menjelaskan berbagai keanekaragaman hayati dalam kegiatan Edukasi Ekowisata Mangrove dari berbagai jenjang sekolah di sekitar Ketapang Urban Aquaculture--

FIN.CO.ID - Mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Ketapang Urban Aquaculture, Kabupaten Tangerang, Kamis 28 September 2023.

Acara ini dihadiri oleh 29 peserta SMP dan SMA yang ada di sekitar kawasan yaitu SMPN 1 Mauk, SMPN 2 Mauk, SMAN 02 Kabupaten Tangerang, SMAN 21 Kabupaten Tangerang, MAN 3 Tangerang, dan SMKN 5 Tangerang. 

Ketua program pengabdian masyarakat Prof. Kosuke Mizuno mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan sadar wisata dan jasa ekosistem untuk keberlanjutan kawasan Ketapang Urban Aquaculture. 

Menurutnya, rasa memiliki dan mengetahui fungsi dari urban aquaculture harus secara perlahan diajarkan pada masyarakat setempat. 

"Kawasan wisata tersebut bukan wisata terbangun yang hanya menghasilkan pendapatan masyarakat. Namun lebih dari itu, wisata tersebut dibangun dengan kesadaran pemerintah terhadap lingkungan," ujarnya lewat keterangan resmi yang diterima, Jumat 29 September 2023. 

Ia melanjutkan, kawasan yang rawan terjadi abrasi serta lahan tidur yang menyebabkan nilai ekonomi hilang ditransformasi menjadi wisata alam berbasis jasa ekosistem. 

BACA JUGA:

Menurutnya, tujuan tersebut harus sampai pada pemahaman masyarakat setempat agar keberlanjutan wisata urban aquaculture berjalan dengan baik. 

"Tidak cukup pemahaman ini sampai pada masyarakat, namun juga generasi-generasi mendatang yang akan memegang kendali pengelolaan. Pemahaman dan kesadaran akan jasa ekosistem ini perlu dipupuk sejak dini," paparnya. 

Maka dari itu, peningkatan Sadar Wisata dan Jasa Ekosistem untuk Keberlanjutan Kawasan Urban Aquaculture, Ketapang, Tangerang dilaksanakan dengan melibatkan pelajar setempat.

Acara ini dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat SIL UI yang terdiri dari Mahasiswa S2, S3, dan alumni SIL UI dari klaster Ilmu Lingkungan yang berjumlah 15 orang. 

Tim melakukan edukasi kepada peserta dengan menerapkan sistem “kunjungan pos”. Terdapat tiga pos edukasi yang tersebar di kawasan mangrove. 
Pos pertama adalah edukasi mengenai biodiversity mangrove. Pos kedua mengenai manfaat ekosistem mangrove, dan Pos ketiga mengenai kebersihan mangrove. 

Peserta mendapatkan amplop berisi penggalan kata pada setiap pos dan di akhir peserta harus menyusun penggalan kata tersebut menjadi nama ilmiah. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: