Operasi Batu Ginjal Parto Patrio Habiskan Biaya Rp100 Juta? Begini Penjelasan Dokter

Operasi Batu Ginjal Parto Patrio Habiskan Biaya Rp100 Juta? Begini Penjelasan Dokter

Parto Patrio saat tengah menjalani perawatan di RS.-FIN/Tangkapan layar/Dok IG Diena Risty-

FIN.CO.ID - Parto Patrio telah menjalani operasi batu ginjal dan saat ini sedang menjalani masa pemulihan di rumah sakit.

Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans pada Selasa, 23 April 2024 setelah liburan dari Bali. Kemudian, diberitakan menjalani operasi batu ginjal.

Berapa biaya yang dikeluarkan Parto Patrio untuk Operasi Batu Ginjal?

Spesialis Urologi, dr. Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS menyebut operasi batu ginjal menelan biaya yang cukup mahal.

Dijelaskan oleh dokter Spesialis Urologi Rumah Sakit Abdi Waluyo itu, biaya untuk menjalani satu kali operasi batu ginjal menelan biaya cukup besar yakni Rp10 juta sampai Rp100 juta tergantung dari tindakan operasi dan peralatan rumah sakitnya.

Sebab, menurut dr. Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS tidak semua pasien yang mengalami batu ginjal menjalani operasi besar. 

BACA JUGA:

Ada alternatif tindakan medis yang namanya tembak batu dari luar tubuh atau yang disebut dengan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy atau ESWL. Tindakan tersebut mengeluarkan kisaran biaya Rp11 juta sampai Rp20 juta.

"Gak semua perlu operasi, ada yang namanya tindakan tembak batu dari luar tubuh namanya ESWL itu yang paling murahnya. ESWL itu belasan juta sampai dua puluhan juta tergantung mesin dan rumah sakitnya," katanya saat dihubungi wartawan Disway.id melalui telefon, Minggu 28 April 2024.

Namun, apabila sudah diambil tindakan operasi besar, kata dokter Adistra Imam Satjakoesoemah bisa menelan biaya hingga ratusan juta Rupiah.

"Cuman kalau sudah surgerical atau operasi beneran pasti mahal ya. Macem-macem tapi rata-rata Rp150 juta ke atas paling mahal tergantung rumah sakit dan mesinnya ya," ujarnya.

"Paling murah operasi belasan sampai 20an juta. Itu belum biaya yang lain-lain ya cuma operasinya aja," pungkasnya.(hasyim)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: