News

Sah! PKS Dukung Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024

PKS Dukung Anies Cak Imin - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi mengumumkan mendukung pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024.

Keputusan PKS mendukung Anies dan Caik Imin setelah Rapat Majelis Syura PKS secara resmi memberikan restu kepada pasangan capres dan cawapres tersebut. 

Diketahui, saat deklarasi Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar di Surabaya, Jawa Timur PKS tak ikut menghadiri karena belum menggelar Majelis Syura sesuai mekanisme partai. 

"Memutuskan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden mewakili Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat 15 September 2023.

Ahmad Syaikhu menjelaskan, keputusan Rapat Majelis Syuro PKS tersebut sekaligus meresmikan pasangan Anies-Cak Imin sebagai pasangan yang diusung PKS pada Pilpres 2024.

Syaikhu menerangkan, forum menyetujui dan menetapkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden.

BACA JUGA:

"Yang secara resmi diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera pada Pilpres Tahun 2024," ujarnya.

Lebih lanjut, Syaikhu juga mengatakan pernyataan sikap tersebut sekaligus menepis berbagai keraguan masyarakat soal siapa pasangan Anies Baswedan.

Dia pun menginstruksikan kepada seluruh pengurus, anggota dan keluarga besar PKS untuk bekerja keras memenangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberi sinyal dukungan kepada pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024. 

Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, bakal ada kabar gembira bagi pasangan capres cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

Hal ini terkait hasil rapat Majelis Syuro PKS yang digelar sore ini Jumat 15 September 2023 di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan.

"Cuma itu saja, kabar gembira. Ada berita baru," kata Alhabsyi di Kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat 15 September 2023. 

Alhabsyi juga menambahkan arah Majelis Syuro PKS diperkirakan akan menyambut kedatangan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres Anies Baswedan.

"Kalau melihat arah Majelis Syuro sepertinya ahlan wa sahlan (selamat datang)," ujarnya.

BACA JUGA:

Meski demikian Alhabsyi mengatakan Majelis Syuro akan memberikan pengumuman resmi pada pukul 18.30 WIB.

"Nanti Majelis Syuro selesai baru kita ngobrol lagi," ucapnya.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hari ini menghadiri rapat Majelis Syuro PKS yang digelar di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat.

Rapat tersebut bakal membahas sikap PKS terhadap penunjukan Cak Imin sebagai bacawapres Koalisi Perubahan.

Berdasarkan pantauan Anies dan Cak Imin di Kantor DPP PKS sekitar pukul 16.55 WIB. Kedatangan Keduanya disambut oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Alhabsyi dan jajaran pengurus PKS.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) mengungkapkan pihaknya akan menggelar musyawarah terkait bacawapres Anies Baswedan pada Jumat.

BACA JUGA:

Anies telah memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai bacawapresnya.

Hanya saja, sejauh ini, PKS baru mendukung Anies sebagai bacapres, sedangkan dukungan untuk Cak Imin menjadi bacawapres belum diputuskan PKS.

Diberitakan sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem coba merayu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mendukung Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jadi cawapres Anies Baswedan. 

Diketahui, saat ini PKS masih tergabung di Koalisi Perubahan. PKS menyatakan mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden. 

Tetapi, PKS belum merestui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendampingi Anies di Pilpres 2024. 

Rayuan agar PKS mendukung Cak Imin disampaikan ketika jajaran pengurus PKB dan NasDem bersilaturahmi ke Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa 12 September 2023.

Waketum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, bahwa dirinya sengaja mengajak jajaran PKB dalam pertemuan tersebut agar PKS dapat mengenal lebih dekat sosok Cak Imin.

"Pertemuan hari ini memudahkan kami untuk lebih segera mempercepat proses mekanisme yang ada di Partai Keadilan Sejahtera sehingga memastikan kapal ini benar-benar berlayar," kata Ali.

BACA JUGA:

Menurut Ali, Cak Imin merupakan sosok terbaik untuk jadi pendamping Anies pada Pilpres 2024. 

Ia menilai, Cak Imin mempunyai pengalaman yang sangat mumpuni untuk jadi orang nomor dua di Indonesia.

"Pernah menjadi aktivis, menjadi menteri, menjadi anggota DPR. Pengalaman apalagi yang kurang yang kemudian membuat kita ragu, membuat masyarakat ragu untuk memasangkan dia dengan Mas Anies," ujarnya.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang merupakan Ketua Umum PKB mengataka, PKB telah memutuskan bergabung ke Koalisi Perubahan uang merupakan pendukung pencapresan Anies Baswedan. 

Keputusan PKB dalam mengusung Anies Baswedan menjadi capres ini berdasarkan pertimbangan spiritual dan rasional.

"Mimpi-mimpi PKB itu seperti air mengalir, mengalir ke mana, di mana akan bertemu sahabat perjuangan, di mana kami meneruskan langkah-langkah perjuangan, dan di dalam aliran itu alhamdulillah bertemulah penggabungan, kebersamaan di dalam Koalisi Perubahan ini," ucap Cak Imin.

BACA JUGA:

Cak Imin berharap, PKS memahami pilihan PKB dan menerima dirinya sebagai cawapres Anies. 

Apalagi, Cak Imin merasa PKB dan PKS punya cita-cita yang sama, yaitu mewujudkan keadilan dan kesejahteraan.

"Kami berharap semoga saya dan teman-teman PKB, juga harapan dari teman-teman dari Partai NasDem, dapat disambut baik bersama-sama dan kami menyatakan siap bersama-sama bergabung dalam koalisi ini dan menjadi bagian tak terpisahkan untuk cita-cita Indonesia yang lebih adil, makmur, dan sejahtera," tambahnya.

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengakui pihaknya belum memutuskan mendukung Cak Imin sebagai cawapres usungan partainya. 

Meski demikian, dia berjanji akan menyampaikan hasil pertemuan kali ini ke Majelis Syura PKS.

Ia menjelaskan yang berhak menentukan calon presiden dan wakil presiden usungan PKS adalah Majelis Syura Partai yang dikepalai oleh Salim Segaf Al-Jufri. 

Sejauh ini, Majelis Syura PKS baru mengusung Anies sebagai calon presiden.

"Dari pembicara dan pembahasan kami dalam kesempatan siang hari ini, saya atas nama presiden Partai Keadilan Sejahtera akan membawa hasil-hasil yang hangat dan positif pada kesempatan siang hari ini pada forum Rapat Musyawarah Majelis Syura yang akan membahas nama Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Bapak Anies Rasyid Baswedan," pungkas Syaikhu.

Admin
Penulis