PKS Dukung Anies Baswedan Jadi Cawapres Tapi Belum Sepakat Cak Imin Jadi Cawapres

PKS Dukung Anies Baswedan Jadi Cawapres Tapi Belum Sepakat Cak Imin Jadi Cawapres

Anies Baswedan saat memberikan keterangan persnya usai diusung PKS sebagai capres di Pilpres 2024-pks.id-pks.id

PKS Dukung Anies Baswedan - Meski mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden, tetapi PKS tidak serta merta menyepakati Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi cawapres Anies. 

PKS masih menunggu hasil musyawarah Majelis Syuro PKS sebelum menyepakati keputusan Partai NasDem yang memilih Cak Imin jadi cawapres Anies.

Sehingga, alasan itulah yang membuat PKS tidak hadir dalam Deklarasi Anies dan Cak Imin (AMIN) di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 2 September 2023. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan, sesuai Pasal 16 Anggaran Dasar PKS ayat (2) huruf i, untuk menetapkan kebijakan partai terkait pemilihan capres cawapres, adalah keputusan Majelis Syuro sebagai majelis permusyawaratan tertinggi partai.

Hanya saja, sejauh ini PKS masih mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Bahkan, PKS pun masih tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mendukung Anies.

BACA JUGA:

Di tempat sama, Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf mengatakan musyawarah Majelis Syuro tersebut akan digelar dalam waktu dekat. 

Al Muzammil mengatakan, musyawarah Majelis Syuro PKS akan mebahas terkait penetapan bakal cawapres sebagai pendamping Anies.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan musyawarah Majelis Syuro PKS akan membahas persoalan lain, termasuk terkait kelanjutan PKS di Koalisi perubahan dan dukungan terhadap Anies.

"Kita jangan berandai-andai. Kita tunggu saja Majelis Syuro, dan Majelis Syuro PKS itu berpikir kemaslahatan bangsa dan (kepentingan) negara yang lebih besar," imbuhnya.

Juru bicara PKS ini juga menolak jika PKS disebut terkunci karena Partai NasDem dan Anies telah menyetujui Muhaimin sebagai bakal cawapres.

"Kalau dibilang keterjepitan, keterkuncian, itu tidak ada. Ya, semua persoalan diambil solusinya. Ada solusi-solusi terbaik. Ada solusi terbaik di antara yang tidak baik. Kami tetap mengambil keputusan. Itu dilakukan dalam Majelis Syuro kami," kata Muzammil.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: