Airlangga Hartarto Disebut Pelaku Utama Korupsi Izin Ekspor CPO, Kejagung: Masih Terlalu Dini

Airlangga Hartarto Disebut Pelaku Utama Korupsi Izin Ekspor CPO, Kejagung: Masih Terlalu Dini

Menko Airlangga Hartarto, Foto: ekon.go.id--

Airlangga Hartarto - Kasus korupsi izin ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya termasuk minyak goreng disebut-sebut melibatkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto.

Meski demikian dugaan keterlibatan Airlangga Hartarto belum bisa dibuktikan. Sesuai dengan hasil pemeriksaan terhadap Airlangga Hartarto yang telah dilakukan oleh aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Agung (Kejagung).

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung, Agung Kuntadi mengatakan untuk menyimpulkan dugaan keterlibataan Airlangga Hartarto dalam kasus koorupsi izin ekspor CPO dan turunannya periode Januari 2022 hingga April 2022 masih terlalu dini.

Terlebih menurutnya pemeriksaan terhadap Airlangga Hartarto masih pada tahap penyelidikan awal.

"Saya rasa masih sangat prematur untuk menyatakan keterlibatan dan sebagainya, ya. Bahwa ini masih penyelidikan awal," katanya dalam konferensi pers usai pemeriksaan Airlangga Hartarto Kuntadi di Kejagung, Jakarta, Senin, 24 Juli 2023 malam.

Dikatakannya, pemeriksaan yang dilakukan terhadap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto justru dilakukan untuk mendalami kasus tindak pidana korupsi dalam perkara ekspor CPO.

BACA JUGA:

Untuk itu, pihaknya masih menunggu perkembangan hasil pemeriksaan kasus tersebut.

"Jadi, proses masih berjalan dan itu masih kami lihat perkembangannya jadi mari kita tunggu lah," ujarnya.

Sementara Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana menambahkan pihaknya berpeluang kembali memeriksa Airlangga Hartarto terkait kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO.

Penyidik akan melakukan pemanggilan terhadap Ketua Umum Golkar itu jika masih membutuhkan keterangan untuk memperdalam informasi. 

"Untuk AH (Airlangga Hartarto) kemungkinan dipanggil lagi kalau penyidik masih membutuhkan keterangan beliau untuk pendalaman," katanya Jumat, 28 Juli 2023.

BACA JUGA:

Pelaku Utama Izin Korupsi Ekspor CPO 

Dua pekan paska pemeriksaan dalam sebuah diskusi, terkuak dugaan keterlibatan Airlangga Hartanto dalam kasus korupsi izin ekspor CPO sangat kuat. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: