Ganjar Pranowo: Masalah Kesehatan Mental Generasi Muda Harus Jadi Prioritas Nasional

Ganjar Pranowo: Masalah Kesehatan Mental Generasi Muda Harus Jadi Prioritas Nasional

Ganjar di M Bloc--

Ganjar Pranowo - Ganjar Pranowo, calon presiden (capres) PDI Perjuangan dan PPP menilai masalah kesehatan mental yang dialami generasi muda Indonesia harus jadi prioritas nasional.

Para generasi muda yang mengalami masalah mental harus bisa mendapatkan akses mudah untuk terapi dan konseling.

Tujuannya agar generasi muda yang mengalami masalah mental tak mendapat stigma buruk dari lingkungannya.

"Kita bersama-sama perlu membangun kesadaran tentang kesehatan mental, lebih banyak platform seperti Menjadi Manusia, lebih banyak pakar kesehatan mental yang bicara di publik tentang pentingnya masalah ini, memperluas akses untuk konseling kesehatan mental di Puskesmas dan mudah-mudahan juga ada lebih banyak teman-teman yang saling menjaga temannya. Nah, pesan saya untuk teman-teman semua di sini mari kita jaga konco-konco, jaga teman-teman kita. Tumbuhkan rasa solidaritas agar jadi manusia dan generasi yang bahagia. Mari kita dorong agar masalah ini menjadi salah satu prioritas nasional," katanya dalam melalui siaran pers tim medianya, Minggu, 30 Juli 2023.

Dijelaskannya advokasi terhadap isu kesehatan mental perlu terus dilakukan karena banyak pihak sampat saat ini masih enggan membahas persoalan itu.

"Advokasi dukungan yang lebih besar, kesadaran lebih besar, pemahaman lebih besar (perlu ditujukan untuk masalah kesehatan mental, red.). Hingga belum lama ini, berbicara tentang masalah kesehatan mental saja masih merupakan hal yang tabu," kata dia.

BACA JUGA:

Karenanya, dia mengajak kolaborasi dari berbagai kelompok masyarakat dan pemerintah untuk menangani persoalan kesehatan mental, yang prevalensinya menurut sejumlah kajian cukup tinggi dialami oleh generasi muda.

"Kenapa ini penting? Karena, masa depan bangsa Indonesia ada di tangan generasi mudanya. Kenapa ini penting? Karena, kita sedang mengalami bonus demografi yang kuncinya ada di generasi muda dan belum tentu terulang lagi," kata Ganjar Pranowo.

Dalam kesempatan yang sama, Ganjar ikut menceritakan pengalamannya berhadapan dengan masalah kesehatan mental. Dia mengaku bersyukur memiliki orang-orang di sekitar yang mendukung dirinya dan terbuka terhadap persoalan tersebut.

"Saya merasa beruntung karena diberkati dengan jaringan dukungan yang kuat dan keluarga yang luar biasa, dan teman-teman sejati. Tetapi, tidak semua orang memiliki hal tersebut," kata dia.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: