Posisi Menteri Bakal Ditentukan Parpol Pendukung, Ganjar: Soal Menteri Hak Prerogatif Presiden

Posisi Menteri Bakal Ditentukan Parpol Pendukung, Ganjar: Soal Menteri Hak Prerogatif Presiden

Puan Maharani (tengah) didampingi Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Arif Wibowo (kiri) dan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) -ANTARA/Putu Indah Savitri.-

Posisi Menteri Bakal Ditentukan Parpol Pendukung, Ganjar: Soal Menteri Hak Prerogatif Presiden  - Calon Presiden (capres) yang diusung PDI Perjuangan dan PPP, Ganjar Pranowo menyebut dirinya tak memiliki kontrak politik terhadap partai pengusung.

Dikabarkan, jika terpilih jadi presiden, Ganjar akan memasrahkan parpol menetapkan menteri yang duduk di posisi strategis. 

"Kan sistem presidensial itu, soal menteri prerogatif presiden, jadi serahkan presiden," kata Ganjar di kompleks Istana Kepresidena, usai rapat terbatas (ratas) terkait dengan penataan kawasan Candi Borobudur bersama Presiden RI Joko Widodo, Selasa, 13 Juni 2023.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menegaskan tidak ada kontrak politik antara bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dengan PDI Perjuangan apabila Ganjar Pranowo terpilih menjadi presiden.

BACA JUGA:

"Saya pastikan 1.000 persen tidak ada kontrak politik jika Pak Ganjar Pranowo menjadi presiden," kata Said Abdullah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Said Abdullah menjelaskan bahwa satu-satunya kontrak politik antara Ganjar dan PDI Perjuangan adalah menjalankan cita-cita perjuangan partai, yakni menyejahterakan rakyat.

Sebelumnya, pada hari Minggu (11/6), kader PSI Ade Armando melalui akun Twitter bernama pengguna adearmando61 menulis, "Saya dapat kabar, Ganjar sudah meneken kontrak dengan PDIP bahwa kalau dia jadi presiden, penentuan orang-orang yang jadi menteri dan menempati posisi strategis akan ditentukan oleh PDIP."

Akan tetapi, pada hari Selasa (13/6), Ade Armando mengklarifikasi cuitan sebelumnya dengan menyatakan, "Ganjar Pranowo sudah mengklarifikasi bahwa kalau nanti dia jadi presiden, yang akan menentukan siapa anggota kabinetnya, ya, dia sendiri. Bukan partai!”

BACA JUGA:

Ganjar mengaku bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam rapat terbatas soal penataan kawasan Candi Borobudur.

Ia pun meledek Sandiaga Uno yang segera bergabung dengan PPP.

"Ketemu saya ledekin, besok pakai baju ijo ya. Gitu," kata Ganjar terkekeh.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: