M. Pandu Ristiyono: Pustakawan Pelayanan Ilmu Pengetahuan Menuju Research University

M. Pandu Ristiyono: Pustakawan Pelayanan Ilmu Pengetahuan Menuju Research University

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando --

Pustakawan Pelayanan Ilmu Pengetahuan Menuju Research University

 

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengatakan pustakawan diharapkan menjadi penggerak agar Indonesia bisa menjadi negara produsen. 

 

“Pustakawan sebagai orang pintar harus mengingatkan untuk membuka wawasan masyarakat,” ungkapnya saat membuka kegiatan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat Nasional 15-18 Mei 2023. 

 

Perpustakaan dan pustakawan juga perlu menekankan peran dan fungsinya untuk mengelola ilmu pengetahuan yang akan mengantarkan masyarakat menuju kesejahteraan melalui literasi dan membaca. 

 

"Pustakawan sebagai orang pintar harus mengingatkan untuk membuka wawasan masyarakat," ungkap Kepala Perpusnas, Para Pustakawan, ujar Syarif.

 

BACA JUGA:Katanya lebih murah dari Wuling Air ev, berapa harga mobil listrik SERES E1 di Indonesia?

 

"Dan kita sebagai agen yang terbaik karena dikelilingi ilmu pengetahuan dan buku di sekitar kita," ucapnya. 

 

Proses seleksi Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 telah dimulai pada Februari lalu. 

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi kali ini tidak lagi dilakukan bertingkat di daerah, namun langsung dilakukan oleh tim dewan juri pusat.

 

Kegiatan ini rutin diselenggarakan sebagai ajang apresiasi tertinggi bagi pustakawan di Indonesia. 

BACA JUGA:Buruan Daftar Gratis! Ini Topik dan Pembicara Inspiratif di Plaza Indonesia Next Gen Festival

 

Pustakawan Terbaik yang terpilih adalah yang memiliki dedikasi, inovasi, kreativitas, dan tanggung jawab profesi serta berkontribusi kepada masyarakat secara luas.

 

Pustakawan Universitas Terbuka Mohamad Pandu Ristiyono (Pandu) lolos sebagai finalis kali ini. Pustakawan yang hobi menulis ini mendapat undian topik Peran Pustakawan Pendidikan Jarak Jauh Dalam Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

 

Pandu berharap kedepannya pustakawan tidak hanya sebagai pelayan ilmu pengetahuan kepada peneliti atau dosen, tapi juga harus menjadi Mitra Peneliti. 

 

Karena berdasarkan permenpan no.1 tahun 2023 tentang jabatan funsional, semua sama, setara atau equel, yang membedakan hanya ruang lingkupnya saja. 

BACA JUGA:Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang Digelar September 2023

 

Dalam tahun 2023 ini pandu mengatakan telah bermitra atau berkolaborasi lintas ilmu atau multidisipliner dengan dosen dan peneliti bidang ilmu komunikasi, ilmu komputer serta ilmu hukum. 

 

Hasil dari penelitian itu kemudian di publish pada jurnal internasional bereputasi terkenal di dunia.

 

Dalam lingkungan Research university, Perpustakaan  memiliki posisi strategis dalam menfasilitasi dan mendukung tercapainya visi misi universitas). 

 

Keterlibatan dan kontribusi perpustakaan digambarkan secara jelas dalam proses pendidikan, riset dan komersialisasi dalam lingkungan universitas riset sehingga pustakawan dan dosen/peneliti memiliki ruang untuk dapat saling bersinergi dalam kegiatan riset di lingkungan kampus yang sedang menuju research university.  

 

Peran pustakawan terlihat lebih jelas dalam indikator kinerja yang menunjukkan sinergitas pustakawan dan dosen/peneliti dalam proses riset.

 

Kegiatan ini rutin diselenggarakan sebagai ajang apresiasi tertinggi bagi pustakawan di Indonesia. Pustakawan Terbaik yang terpilih adalah yang memiliki dedikasi, inovasi, kreativitas, dan tanggung jawab profesi serta berkontribusi kepada masyarakat secara luas.

 

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional tahun ini diikuti 15 orang finalis yang terpilih melalui seleksi portofolio dari 391 pendaftar. 

 

"Saya pikir kegiatan ini merupakan aksi yang memang memberikan kesempatan memilih para pustakawan sejati," kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bonar Pasaribu. 

 

Pada malam penutupan final pemilihan Pustakawan berprestasi terbaik Nasional 2023 mewakili kepala Perpustakaan nasional.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: