Profil Yamitema Tirtajaya Laoly, Anak Menkumham Yasona Laoly yang Disebut Terlibat Bisnis di Lapas

Profil Yamitema Tirtajaya Laoly, Anak Menkumham Yasona Laoly yang Disebut Terlibat Bisnis di Lapas

Yasona Laoly dan Yamitema Tirtajaya Laoly-Istimewa-

Profil Yamitema Tirtajaya Laoly-  Anak Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasona Laoly yang bernama Yamitema Tirtajaya Laoly jadi perbincangan di media sosial. 

Yamitema Tirtajaya Laoly disebut-Sebut terlibat kasus monopoli lembaga pemasyarakat atau Lapas. Hal ini terungkap setelah adanya pengakuan aktor senior Tio Pakusadewo di saluran YouTube Kuya TV.

Tio menyebutkan bahwa ada anak seorang menteri yang terlibat mengelola bisnis di sejumlah lapas melalui yayasan.  Namun Tio tidak menyebut nama dan menteri yang dimaksud.

Publik lalu menduga anak menteri yang dimaksud adalah Yamitema Tirtajaya Laoly.

Lalu seperti apa sosok Yamitema Tirtajaya Laoly?

Dia adalah anak dari pasangan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasona Laoly dan Elisye Widya Ketaren.

Menteri Yasona sendiri mempunyai 4 anak. Yakni Yamitema Tirtajaya Laoly, Novrida Lisa Isabella Laoly, Fransisca Putri Askari Laoly dan Jonathan Romy Laoly.

BACA JUGA:

Yamitema Tirtajaya Laoly pernah menempuh pendidikan pada program sarjana di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Setelah itu, Yamitema melanjutkan studi S-2 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. 

Yamitema juga merupakan Direktur PT Kani Jaya, sebuah perusahaan konstruksi di Medan, Sumatera Utara. Dia pernah diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK terkait dugaan suap Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin pada 2019 lalu. 

Dia digarap KPK mengenai proyek-proyek Dinas PUPR Medan yang diduga dikerjakan oleh perusahaan miliknya. Namun, Yamitema berhasil lolos dari jerat kasus dugaan korupsi tersebut. 

Yamitema Tirtajaya Laoly juga sering menemani Ayahnya dalam kegiatan-kegiatan PDi-Perjuangan. Yamitema Tirtajaya Laoly pernah terlihat menemani Yasonna Laoly dalam Kongres V PDI Perjuangan di Bali. Di samping itu, Yamitema juga terlihat hadir ketika ayahnya dilantik menjadi menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu. 

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly membantah tudingan terhadap anaknya yang disebut melakukan monopoli bisnis di lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Ah bohong besar itu. Enggak ada. Nanti ada keterangan dari Kalapasnya," ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: