Kakanwil Kemenkumham Lampung Blak-blakan Soal Sipir Lapas Rajabasa Dhawang Delvie

Kakanwil Kemenkumham Lampung Blak-blakan Soal Sipir Lapas Rajabasa Dhawang Delvie

Sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa yang viral yakni Dhawang Delvie. Bandarlampung, Kamis (27/4/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)--

Sipir Lapas Rajabasa Dhawang Delvie - Viralnya sipir Lapas Rajabasa Dhawang Delvie ditanggapi Kakanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima L Tobing.

Ia menegaskan, sanksi sipir Lapas Rajabasa Dhawang Delvie menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham.

"Jadi yang memutuskan hukuman bagi yang bersangkutan yakni Itjen Kemenkumham," kata Sorta Delima, Kamis 27 April 2023.

Ia menjelaskan, pihaknya masih menunggu Inspektorat Jenderal Kemenkumham datang ke Lampung untuk melakukan pemeriksaan kepada Dhawang Delvie.

BACA JUGA:Menperin Lempar Bola ke Mendag Soal Rencana Impor Darurat KRL Bekas

Sorta mengatakan, ketika berita ini viral, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan internal kepada Dhawang Delvie. 

"Langsung memanggil Kalapas dan yang bersangkutan serta seluruh jajaran Lapas Rajabasa untuk dimintai keterangan," katanya. 

Saat dilakukan pemeriksaan internal, Dhawang Delvie mengakui bahwa memang pernah mengunggah foto-foto tersebut di media sosial.

"Lalu saya keluarkan perintah untuk dimutasi pemeriksaan ke kanwil. Kemudian 24 April, saya minta Kadiv Pas segera lakukan pemeriksaan lanjutan dengan memanggil Dhawang dan istri untuk klarifikasi terkait postingan yang viral itu," ujarnya pula.

BACA JUGA:Ternyata, AKBP Achiruddin Jadi Penimbun BBM Subsidi Solar

Menurutnya, dari data yang diberikan sipir viral Rajabasa ini dan istri ada beberapa barang yang diakuinya bukan milik mereka pribadi seperti yang katanya memiliki rumah sakit.

"Nah, itu sebetulnya bukan rumah sakit tetapi klinik bersalin milik mertuanya yang sudah lama berdiri sejak tahun 2009 sebelum Dhawang menikah dengan istrinya," kata dia lagi.

Kemudian, soal kolam renang yang juga sempat dia (Dhawang) unggah sebenarnya itu kolam renang anak kecil.

"Saya juga langsung on the spot cek fakta ke rumah Dhawang dan memang kolam itu adalah kolam renang anak kecil dengan ukuran sekitar 2,5 kali 4 meter," bebernya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: