Selamat Idul Fitri 1444 H, Waspada Dosa Besar Jabat Tangan di Hari Lebaran!

Selamat Idul Fitri 1444 H, Waspada Dosa Besar Jabat Tangan di Hari Lebaran!

Ucapan Idul Fitri 2023--Google Photos

Dosa Besar Jabat Tangan dengan Lawan Jenis yang Bukan Mahram- Berhati-hati ya guys untuk tidak berjabat tangan dengan lawan jenis yang bukan mahram saat lebaran. Sebab perkara ini termasuk salah satu dosa besar. 

Memang, disunnahkan mengucapkan salam dan berjabat tangan. Hal ini dari hadis berikut: 

"Tidaklah dua muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah.” (HR. Abu Daud no. 5212, Ibnu Majah no. 3703, Tirmidzi no. 2727. 

Sementara itu, pada masa Rasulullah, para sahabat biasanya pada saat lebaran mereka mengucapkan Taqobbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” 

BACA JUGA:

Akan tetapi, hindari berjabat tangan dengan wanita yang bukan mahram saat lebaran. Sebab iti dosa besar! 

Dari Ma’qil bin Yasar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thobroni dalam Mu’jam Al Kabir 20: 211. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). 

Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Setiap yang diharamkan untuk dipandang, maka haram untuk disentuh. 

Namun ada kondisi yang membolehkan seseorang memandang tetapi tidak boleh menyentuh, yaitu ketika bertransaksi jual beli, ketika serah terima barang, dan semacam itu. 

Namun sekali lagi, tetap tidak boleh menyentuh dalam keadaan-keadaan tadi. 

BACA JUGA:

Waspada Jabat Tangan dengan Wanita Muda

Berjabat tangan dengan yang bukan mahram, ada silang pendapat di antara para ulama. Yakni terkait wanita muda dan wanita tua. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: